RI Bakal Kehadiran Vaksin COVID-19 GX-19N, Berapa Harganya?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 15:50 WIB
Ilustrasi Alat Vaksin COVID-19 Tanpa Suntik
Foto: (Business Insider)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 GX-19N siap melakukan uji klinis fase IIb dan III di Indonesia. Vaksin itu merupakan hasil produksi PT Kalbe Farma Tbk dengan perusahaan obat asal Korea Selatan Genexine Inc. Berapa harganya?

Direktur PT Kalbe Farma Tbk Sie Djohan mengatakan pihaknya belum bisa memberikan harga pasti terkait vaksin COVID-19 GX-19N karena masih proses pengembangan. Yang jelas, harganya disebut lebih murah dari vaksin yang sudah ada saat ini.

"Untuk harganya sendiri saat ini kita belum bisa memberikan harga yang pasti karena masih dalam proses pengembangan," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7/2021).

"Tetapi kita akan berusaha semaksimal mungkin bekerja sama dengan Genexine kita ingin pastikan harga yang kita tawarkan nanti tentunya tidak lebih mahal dari vaksin-vaksin yang saat ini sudah dipakai," tambahnya.

Djohan mengklaim pihaknya berencana menghadirkan vaksin COVID-19 GX-19N bukan untuk mencari keuntungan, melainkan bagaimana agar bisa bermanfaat untuk masyarakat.

"Genexine dan Kalbe kita sepakat proyek ini bukan untuk mencari keuntungan, tapi lebih kepada proyek untuk menghadirkan vaksin ini sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," tuturnya.

Vaksin COVID-19 GX-19N juga belum diketahui apakah nantinya akan digunakan untuk vaksinasi program pemerintah atau gotong royong. Hal ini nantinya tergantung dari keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Mengenai apakah rencana vaksin ini akan digunakan untuk program gotong royong atau pemerintah, ini tentunya nanti sangat tergantung dari hasil evaluasi dan keputusan dari Kemenkes, kita akan serahkan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2