RI Bakal Kehadiran Vaksin COVID-19 GX-19N, Berapa Harganya?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 15:50 WIB
Ilustrasi Alat Vaksin COVID-19 Tanpa Suntik
Foto: (Business Insider)

Setelah mendapat izin penggunaan darurat emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), baru lah nanti akan diputuskan apakah vaksin COVID-19 GX-19N untuk program vaksinasi pemerintah atau gotong royong.

"Apabila nanti kita sudah mendapatkan EUA tentunya nanti Kemenkes yang akan tentukan apakah akan digunakan untuk vaksin gotong royong atau untuk program pemerintah," tuturnya.

Ketua Tim Peneliti Uji Klinik Vaksin GX-19N, Iris Rengganis mengklaim vaksin COVID-19 GX-19N ini berbeda dibandingkan dengan vaksin COVID-19 lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Vaksin COVID-19 GX-19N berbasis DNA yang mengkode lebih banyak protein virus sehingga berpotensi menghasilkan antibodi yang lebih tinggi dan bertahan lebih lama dalam tubuh, sehingga memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap COVID-19.

2. Vaksin COVID-19 GX-19N juga berpotensi memberikan perlindungan terhadap bagian dari virus yang jarang bermutasi, sehingga vaksin GX-19N diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap varian-varian baru COVID-19.

3. Vaksin COVID-19 GX-19N ini tidak mengandung adjuvant (zat tambahan dalam vaksin) sehingga berpotensi untuk dapat diberikan kepada masyarakat yang memiliki sistem imun yang lemah.

4. Dari data keamanan tahap 1 dan tahap 2a, vaksin COVID-19 GX-19N menunjukkan hasil yang aman dengan gambaran efek samping yang sifatnya ringan dan sementara.

5. Pemberian vaksin ini akan diberikan ke dalam otot dengan menggunakan alat khusus yang akan meningkatkan hantaran vaksin langsung ke dalam sel otot.


(aid/fdl)