Pemerintah Impor 50 Ribu Oksigen Konsentrator Buat Dipinjamkan ke Warga

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 12 Jul 2021 13:49 WIB
Jakarta -

Pemerintah mengimpor sekitar 50 ribu oksigen konsentrator. Nantinya, alat bantu pernapasan itu akan dipinjamkan ke rumah-rumah yang terdapat pasien virus Corona (COVID-19) dengan gejala ringan.

Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan oksigen konsentrator akan mengurangi ketergantungan pada oksigen likuid.

"Presiden sudah setuju kita akan impor oksigen konsentrator sehingga mengurangi penggunaan liquid oksigen, itu 50.000 tabung," kata dia dalam keterangan pers, Senin (12/6/2021).

Dijelaskannya saat ini oksigen konsentrator tersebut sudah tiba sebagian di Indonesia, dan akan segera dipinjamkan kepada masyarakat.

"Sekarang kita sudah punya mungkin beberapa ribu, mungkin dekat 10 ribu, dan itu akan kita bagikan untuk digunakan di kasus-kasus yang ringan, dan itu kita pinjamkan mungkin nanti ke rumah-rumah dan kalau sudah selesai digunakan itu bisa diambil," jelasnya.

Begitu pandemi COVID-19 di Indonesia sudah beres, kata Luhut, oksigen konsentrator tersebut bisa disumbangkan ke berbagai rumah sakit.

Satu unit oksigen konsentrator, dijelaskannya memiliki kapasitas 5 liter sehingga dapat digunakan paling tidak selama 5 hari.

"Itu bisa 5 liter, jadi bisa digunakan selama 5 hari dan saya kira ini juga nanti Insyaallah selesai kasus COVID itu masih bisa dibagikan ke rumah sakit rumah-sakit kita," tambah Luhut

(toy/dna)