Pemerintah-PLN Bahas Insentif Khusus buat Pabrik Oksigen

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 13:59 WIB
Pasokan oksigen untuk kebutuhan medis sempat mengalami kelangkaan. Pemerintah meminta pasokan oksigen industri dikonversi untuk memenuhi kebutuhan medis.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah dan PT PLN (Persero) sedang membahas insentif khusus untuk pabrik oksigen. Saat ini kebutuhan oksigen untuk pasien virus Corona (COVID-19) melambung tinggi.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menjelaskan pihaknya sebagai operator sedang berdiskusi dengan pemerintah.

"Untuk bagaimana rekeningnya, kita sekarang lagi berdiskusi dengan pemerintah karena sekali lagi PLN ini adalah operator yang menjalankan kebijakan yang dilakukan pemerintah, sehingga apabila ini adalah disetujui pemerintah maka kita memberikan insentif khusus kepada pabrik oksigen," kata dia dalam diskusi virtual, Kamis (15/7/2021).

Sementara insentif khusus untuk pabrik oksigen masih didiskusikan, dia mengatakan saat ini sudah ada insentif untuk pelaku bisnis dan industri, termasuk di dalamnya adalah produsen oksigen.

"Jadi pembebasan rekening minimum, atau ada subsidi rekening minimum yang diberikan kepada industri, dan industri ini salah satunya memang adalah pabrik produsen daripada oksigen," paparnya.

Selain itu pihaknya juga memastikan keandalan jaringan listrik agar operasional pabrik oksigen tidak terganggu.

"Kebutuhan utama adalah keandalan daripada jaringan kita sehingga pabrik-pabrik produsen oksigen itu dapat meningkatkan produksi mereka, tanpa terganggu oleh kehilangan pasokan listrik misalnya," tambah Bob.

(toy/ara)