Diminta Erick Thohir, Anak Usaha BUMN Pasok Oksigen di Aceh

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 07:10 WIB
Gas cylinders with pressure gauge in a specialized laboratory. Laboratory material.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Ladanifer
Jakarta -

PT Pupuk Iskandar Muda Aceh, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) memasok kebutuhan oksigen di Provinsi Aceh. Bantuan oksigen diberikan secara simbolis kepada kepala Humas RSU Cut Mutia Lhokseumawe Jalaluddin mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara.

Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda Budi Santoso Syarif mengatakan, bantuan oksigen merupakan arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir.

"Kami siap membantu pemerintah agar rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan pasien COVID-19 tidak terkendala akan pasokan oksigen. Walaupun hingga saat ini di Provinsi Aceh kebutuhan akan oksigen masih dapat teratasi," ujarnya, Senin (9/8/2021).

PT Pupuk Iskandar Muda mempunyai Pabrik Air Separation Plant dengan Produk utama nitrogen untuk kebutuhan pabrik dan produk lainnya berupa oksigen yang sudah tidak diproduksi selama 15 tahun,

"Melihat tingginya kebutuhan oksigen saat ini sebagai bentuk komitmen kami dalam upaya penanganan COVID-19, PT PIM mengoptimalkan produksi oksigen dengan mengurangi kapasitas produksi nitrogen untuk kebutuhan pabrik," tuturnya.

Pabrik PIM dapat memproduksi oksigen 50-75 botol/hari. Untuk loading oksigen akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan permintaan dari rumah sakit. Rumah sakit hanya perlu mempersiapkan tabung oksigen untuk diisi ulang.

(ara/ara)