Nggak Nyangka, Limbah Tembakau Bisa Disulap Jadi Produk Bernilai

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 18 Agu 2021 13:12 WIB
ilustrasi rokok tembakau
Foto: thinkstock
Jakarta -

Pertumbuhan yang pesat industri hasil produk tembakau lainnya (HPTL) terus memacu para pelaku usaha untuk berinovasi. Salah satunya dengan mulai memanfaatkan bahan baku lokal untuk memproduksi nikotin cair sebagai bahan utama liquid vape.

Menariknya, nikotin cair yang diproduksi tersebut berasal dari limbah tembakau berupa sisa daun dan batang tembakau. Salah satu perusahaan lokal yang memproduksi nikotin cair dengan memanfaatkan limbah tembakau adalah Tabacaroma.

Manajer Tabacaroma, Frans Sigid mengatakan, pihaknya mulai menggunakan limbah tembakau dari bahan baku lokal pada 2019. Penggunaan limbah tersebut dilakukan untuk memaksimalkan hasil pertanian tembakau di dalam negeri yang selama ini tidak termanfaatkan.

Tidak hanya itu, pemanfaatan limbah tembakau tersebut juga tidak menimbulkan persaingan antara rokok dan HPTL sehingga pemenuhan kebutuhan bahan bakunya dapat berjalan beriringan.

"Bahan bakunya berasal dari sisa daun tembakau, atau batang sisa dari proses perajangan tembakau untuk pasokan pabrik rokok. Sehingga industri HPTL tidak menganggu pasokan pabrik rokok," ujar Frans, seperti dikutip, Rabu (18/8).

Dia menjelaskan, pihaknya mulai memanfaatkan bahan baku lokal didasari konteks Indonesia sebagai salah satu penghasil tembakau terbesar di dunia dengan produksi pada kisaran 150 ribu ton per tahun. Pemanfaatan limbah ini juga menunjukkan peluang bahwa industri HPTL dapat berkembang secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi petani.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) bertajuk "Studi Permintaan Bahan Baku Ekstrak dan Esens Tembakau di Indonesia" disebutkan satu liter nikotin cair dapat dihasilkan dari 20 kilogram daun tembakau, atau dari 500 - 1.000 kilogram batang tembakau.

Meski demikian Frans mengaku saat ini masih terdapat tantangan dalam menggunakan limbah tembakau sebagai bahan baku nikotin cair, terutama mengenai yield yang dihasilkan.

"Teknologi ekstraksi nikotin ini cukup kompleks, tidak asal diekstrak. Teknologi kunci kami yaitu bagaimana bisa mengisolasi nikotin yang jumlahnya kecil agar yield yang dihasilkan 0,3 - 0,5 per ton material," jelas Frans.

Bersambung ke halaman selanjutnya.