Promosi KI Batang, Luhut: Apa yang Perlu, Let Me Know!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 30 Agu 2021 14:47 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Kawasan Industri Batang ditawarkan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kepada para pengusaha sektor kesehatan. Dia bilang pemerintah sudah menyiapkan distrik khusus untuk industri kimia dan obat-obatan.

Luhut menegaskan bila ada masalah saat mengajukan diri untuk menempati Kawasan Industri Batang dia mempersilakan para pengusaha untuk menghubungi pihaknya.

"Batang ini bisa dimainkan, silakan bapak, ibu, teman-teman pengusaha maju ke sana. Apa yang anda perlukan, let me know," ujar Luhut dalam acara Forum Nasional Kemandirian dan Ketahanan Industri Alat Kesehatan, yang disiarkan melalui YouTube Farmalkes TV, Senin (30/8/2021).

Dalam paparan Luhut, ada area seluas 400 hektar dengan area efektif sebesar 287 hektare yang bisa digunakan untuk industri produk kimia dan obat-obatan. Mulai dari produk bahan baku obat, fine chemical, vaksin, biosimilar, hingga obat-obatan herbal.

Luhut mengatakan saat ini ketergantungan industri farmasi dalam negeri terhadap bahan baku impor sangat tinggi. Dia menyatakan pemerintah ingin agar industri farmasi bisa melakukan produksi secara penuh di dalam negeri.

"Ketergantungan industri dalam negeri dengan bahan baku impor ini tinggi. Ini yang jadi target kita, kita mau permintaan produk farmasi sebagian besar dapat dipenuhi di dalam negeri," papar Luhut.

Dalam paparannya, dijelaskan impor bahan kimia anorganik sebagai bahan baku obat tahun 2019 saja mencapai US$ 1,9 miliar.

(hal/eds)