ADVERTISEMENT

RI Genjot Mobil Listrik Gantikan yang Bensin, Infrastrukturnya Siap?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 18 Okt 2021 13:19 WIB
Ilustrasi mobil listrik
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tramino

Selain SPKLU, saat ini juga sudah ada 153 unit SPBKLU yang tersebar di 86 lokasi. Stasiun tukar ini kebanyakan baru berada di sekitar ibu kota saja, lokasinya masih hanya tersebar di Jakarta dan Tangerang saja.

Berapa sih tarif isi dayanya? Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menjelaskan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020, tarif pembelian listrik di tingkat badan usaha penyedia jasa SPKLU cuma Rp 714,07 per kWh. Bentuknya listrik curah.

Lalu, untuk tarif pengisian daya listrik di Indonesia diatur sebesar Rp 2.475 per kWh. Tarif ini adalah tarif paling tinggi yang bisa digunakan oleh para penyedia SPKLU.

"Tarif SPKLU ditetapkan menggunakan tarif tenaga listrik layanan khusus. Tarifnya dikalikan N, nilai N itu 1,52. Jadi, badan usaha dapat menjual paling tinggi Rp 2.475 per kWh," ungkap Ida dalam acara yang sama dengan Rida.

Sementara itu, PT PLN (Persero) selaku penyedia listrik pernah mengklaim saat ini pasokan listrik di Indonesia aman digunakan untuk memenuhi kebutuhan lonjakan kendaraan listrik.

Executive Vice President of Engineering and Technology PLN Zainal Arifin mengatakan, Indonesia saat ini memiliki kapasitas listrik sekitar 67 giga watt. Cadangan listrik pun cukup besar mencapai 21 GW.

Dia mengatakan, jika dalam waktu dekat ada 1 juta mobil listrik di Indonesia, pihaknya akan melakukan perhitungan ulang kebutuhan listrik. Dia bilang, dengan 1 juta mobil listrik, maka permintaan listriknya sekitar 2,5 hingga 3 GW.

"Jadi 1 juta, kebutuhan listriknya sekitar 2,5 hingga 3 GW. Sementara itu reserve margin kita sekitar 20 GW. Saya bisa bilang jangan khawatir soal suplai listrik, karena kita punya lebih dari cukup untuk itu," ujar Zainal dalam webinar ITS Indonesia, Kamis (1/4/2021).



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]

(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT