Alasan Jokowi Kepincut Resmikan Pabrik Rp 2 T Milik Haji Isam

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 07:30 WIB
Pabrik biodiesel milik pengusaha asal Kalimantan Selatan Haji Isam baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Pool/Biro Setpres/Muchlis Jr
Jakarta -

Pabrik biodiesel B-30 PT Jhonlin Agro Raya (JAR) yang dimiliki pengusaha Haji Isam di Kalimantan Selatan (Kalsel) baru saja diresmikan. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan alasan besarnya adalah karena Jhonlin Group ini mampu membuka lapangan kerja yang besar dan banyak.

"Kenapa saya mau datang ke sini? Alasan besarnya adalah kawasan ini, pabrik ini, perusahaan PT Jhonlin mampu membuka lapangan kerja yang banyak," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan secara virtual, Kamis (21/10/2021).

Dia mengapresiasi inisiatif PT Jhonlin Group yang membangun pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan. Menurutnya inisiatif melakukan hilirisasi komoditas mentah harus didorong.

Termasuk pada komoditas sawit alias CPO, dia meminta perusahaan lainnya mengikuti langkah PT Jhonlin untuk melakukan hilirisasi.

"Saya harap ada perusahaan lain mulai hilirisasikan dan industrialisasikan CPO. Entah jadi minyak goreng, kosmetik, atau jadi barang setengah jadi dan barang jadi lainnya. Saya hargai yang dilakukan PT Jhonlin Group yang mengubah CPO jadi Biodiesel-30. Ini berikan nilai tambah besar," ujar Jokowi.

Komisaris Utama PT Jhonlin Agro Raya Andi Amran Sulaiman menambahkan, sejauh ini di kawasan industri yang ada di pabrik biodiesel milik Haji Isam itu secara total menyerap tenaga kerja 2.320 orang. Bukan cuma pabrik biodiesel, di sana juga ada pabrik minyak goreng hingga smelter.

Sementara itu, untuk Jhonlin Group secara keseluruhan sudah mempekerjakan 60 ribu orang. 20 ribu orangnya diperkerjakan secara langsung oleh Jhonlin Group.

"PT Jhonlin Group gambaran umumnya saat ini PT Jhonlin kerjakan karyawan 20 ribu orang langsung, tidak langsung 40 ribu orang, total 60 ribu orang," kata Amran.

Baca di halaman selanjutnya untuk mengetahui sosok Haji Isam.



Simak Video "Respons KPK Kala Haji Isam Laporkan Saksi Kasus Suap ke Bareskrim Polri"
[Gambas:Video 20detik]