PTDI Kirim Satu Pesawat ke TNI AU, Begini Kegaharannya!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 11:02 WIB
PTDI
PTDI Kirim Satu Pesawat ke TNI AU, Begini Kegarahannya!
Jakarta -

TNI Angkatan Udara mendapatkan satu armada pesawat terbang pabrikan lokal. Pesawat itu adalah buatan PT Dirgantara Indonesia atau PTDI yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan untuk Angkatan Udara.

Armada baru ini adalah pesawat terbang tipe NC212i Troop Transport. Pesawat ini telah berhasil lepas landas dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung menuju Skadron Udara 4, Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

"Alhamdulillah pagi ini kita bisa mengirimkan lagi satu pesawat NC212i untuk dioperasikan TNI AU. Pesawat kedua dengan konfigurasi Troop Transport ini diharapkan dapat membantu pemenuhan tugas dan operasi TNI AU, khususnya dalam keterlibatannya menjaga wilayah NKRI di situasi pandemi seperti ini," kata Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

Pesawat dengan tail number AX-2127 ini merupakan pesawat NC212i kedua yang telah dikirimkan PTDI dari kontrak pengadaan sebanyak 9 (sembilan) unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan RI untuk TNI Angkatan Udara.

Pesawat sebelumnya telah dikirimkan pada tanggal 26 Januari 2021, sedangkan untuk pesawat ketiga rencananya akan diselesaikan dan dikirimkan pada tahun 2022.

Sebagaimana kesepakatan kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI, 4 unit pesawat yang dipesan memiliki konfigurasi Troop Transport, 4 unit lainnya memiliki konfigurasi Rain Making, dan 1 unit sisanya adalah konfigurasi Navigation Training.

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya. Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i.

Hingga saat ini terhitung sebanyak 118 unit pesawat NC212i series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI baik di dalam maupun luar negeri. Sementara itu jumlah totalnya ada 602 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

Simak juga 'Pro Kontra PCR Jadi Syarat Terbang':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/fdl)