Pabrik Mobil Listrik China Siap 'Geser' Tesla

Elsa Azzahra - detikFinance
Senin, 22 Nov 2021 20:30 WIB
Xpeng G3 yang merupakan tiruan Tesla Model X
Foto: Xpeng Motors
Jakarta -

Produsen mobil listrik, Xpeng, pada Jumat (19/11/2021) luncurkan SUV baru yang ditujukan untuk pasar internasional akibat dorongan persaingan di pasar kendaraan energi China terus meningkat.

Dikutip dari CNBC, Senin (22/11/2021), SUV terbaru ini dinamai G9, dan merupakan model produksi keempat Xpeng setelah SUV G3 dan sedan P7 dan P5. Ini adalah SUV kedua dalam portofolio Xpeng dan menjadi tambahan daftar kendaraan listrik yang mampu bersaing di segmen pasar yang kompetitif.

"G9 adalah model pertama kami yang dirancang dan dikembangkan dari bawah ke atas untuk pasar internasional dan China, menghadirkan desain tercanggih kami kepada pelanggan kami di seluruh dunia," kata Co-Founder Xpeng Henry Xia dalam siaran pers.

Xpeng G9 ini akan berhadapan dengan mobil listrik lainnya seperti Tesla Model Y, ES6 Nio, dan Li One Li Auto.

Dari segi Fitur Xpeng G9 akan menjadi model pertama yang dilengkapi dengan Xpilot 4.0 dengan sistem bantuan pengemudi canggih yaitu ADAS. Dan sebagai pesaing Autopilot Tesla, G9 ini juga memungkinkan mobil untuk menampilkan chip penggerak otonom Orin-X Nvidia.

Selain itu G9 juga memiliki tampilan teknologi Light Detection and Ranging atau Lidar dimana sistem ini mengirimkan laser yang dapat memantul kembali untuk mengukur jarak. Xpeng juga mengatakan G9 akan kompetibel dengan supercharger X-Power nya yang memungkinkan mobil mengisi daya hingga jarak 200 km dalam 5 menit.

(dna/dna)