ADVERTISEMENT

Polling detikcom

Polling: Harga Rokok Makin Mahal Imbas Cukai Naik, Mau Tetap Beli?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 14 Des 2021 14:40 WIB
Harga rokok akan berubah seiring kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok, yang rata-rata 12,5% mulai hari ini, Senin (1/2/2021).
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok naik rata-rata sebesar 12% di 2022. Kebijakan tersebut dilatarbelakangi oleh dampak buruk yang diakibatkan mengonsumsi rokok.

"Menurut Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, 9 dari 100 anak di Indonesia masih merokok. Jumlah ini termasuk yang tertinggi di Kawasan Asia. Berbagai riset dan kajian telah membuktikan berbagai kerugian yang timbul akibat tingginya konsumsi rokok," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Senin 13 Desember 2021.

Dia menyebut selain menjadi faktor risiko kematian terbesar kedua di Indonesia menurut Institute of Health Metrics and Evaluation (IHME) pada tahun 2019, konsumsi rokok juga meningkatkan risiko stunting dan memperparah dampak kesehatan akibat COVID-19.

Selain mengancam kesehatan, rokok juga memperburuk taraf sosial-ekonomi keluarga Indonesia, khususnya keluarga miskin. Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) di bulan Maret 2021, total pengeluaran konsumsi rokok mencapai 11,9% di perkotaan dan 11,24% di perdesaan.

Angka tersebut hanya lebih rendah dari konsumsi beras dan bahkan lebih tinggi dibandingkan pengeluaran untuk protein seperti daging, telur, tempe, serta ikan.

Menurut Pusat Kajian Jaminan Sosial (PKJS) Universitas Indonesia, 1% peningkatan pengeluaran untuk rokok juga meningkatkan kemungkinan rumah tangga menjadi miskin sebesar 6%.

Lalu bagaimana menurut kalian, detikers? Bakal berhenti membeli rokok gara-gara harganya makin mahal imbas kenaikan cukai? Isi polling ini ya, jangan lupa sertakan alasannya. Polling ditutup pada Rabu (15/12) pukul 15.00.

Simak juga Video: Harga Rokok Resmi Naik, Cek di Sini Daftarnya!

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT