Serba-serbi Cukai Rokok Naik Tahun Depan dan Harga Terkini

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 14 Des 2021 19:00 WIB
Pemilik warung kelontong menata rokok di Jakarta, Selasa (14/12/2021). Cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok tahun depan ditetapkan naik oleh pemerintah. Rata-rata kenaikannya sebesar 12%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan kenaikan ini sudah disetujui oleh Presiden dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok naik rata-rata sebesar 12% berlaku mulai 2022. Pasca pengumuman kebijakan tersebut pada kemarin Senin (13/12), apakah sudah ada penjual rokok yang colong start menaikkan harga?

detikcom melakukan penelusuran pada Selasa (14/12/2021) untuk mengetahui harga rokok terkini. Berikut hasilnya.

Di gerai Alfamart maupun Indomaret, berdasarkan penuturan petugas kasir yang berjaga tidak ada perubahan harga rokok pada hari ini. Rokok yang dibanderol masih menggunakan harga sebelumnya.

Salah satu petugas di gerai Alfamart mengatakan hingga hari ini belum ada kenaikan harga rokok di rak-rak jualan. Diperkirakan harga baru akan naik pasca kebijakan cukai 2022 berlaku.

"Naiknya baru tahun depan," kata petugas kasir kepada detikcom.

Di warung kelontong pun sama, harga rokok belum mengalami kenaikan lantaran harga dari agen maupun distributor masih normal. Hal itu berdasarkan pengakuan salah satu pedagang.

"Dari kemarin belanja terakhir hari minggu belum ada perubahan sama sekali, masih normal," kata pedagang kelontong, Belgi.

Harga rokok di halaman berikutnya.