Adaptasi saat COVID-19, Ini Cara Anak BUMN Genjot Keuangan-Investasi

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 15:23 WIB
Pupuk Kaltim
Foto: dok Pupuk Kaltim
Jakarta -

Pandemi COVID-19 masih berlangsung meski sudah mereda dampaknya bagi industri. Sejak pandemi melanda, industri juga terdampak sehingga melakukan sejumlah terobosan.

Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) Qomaruzzaman mengatakan, pihaknya terus beradaptasi dalam pengelolaan keuangan, pendanaan, hingga keputusan investasi agar kinerja perusahaan terus tercapai.

Baik dalam hal pembiayaan program kerja sesuai Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) setiap tahun, maupun program investasi sesuai Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).

"PKT secara terus menerus juga melakukan perbaikan berkelanjutan, melalui berbagai inovasi dalam meningkatkan performa Perusahaan secara keseluruhan," ujar Qomaruzzaman dalam keterangannya, Rabu (15/12/2021).

Memasuki era Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity (VUCA), PKT telah menerapkan berbagai langkah strategis dalam mencapai kinerja optimal di bidang keuangan, sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan kinerja perusahaan.

Strategi tata kelola keuangan turut didukung pengembangan SDM di berbagai bidang, sebagai pondasi utama PKT dalam mencapai kinerja optimal. Strategi tersebut berfokus pada Agile and Adaptive Organization, Millennial Empowerment, Innovation and Breakthrough Project, Learning Beyond Boundaries dan HR Digitalization.

"Seluruh upaya tersebut menunjukkan hasil optimal melalui pertumbuhan kinerja Perusahaan, dengan tingkat kesehatan dari aspek keuangan pada kategori Sehat AA," kata Qomaruzzaman.

Dirinya menekankan, akuntabilitas perusahaan untuk seluruh fungsi keuangan dalam mencari berbagai peluang, menjadi salah satu fokus PKT dalam menjaga keberlangsungan bisnis secara berkesinambungan.