Dapat Wejangan Jokowi di Pesawat, Luhut: Tidak Ada yang Bisa Hambat Izin!

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 15:40 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menerima pesan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengawal pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia di Bulungan, Kalimantan Utara.

Pesan khusus tersebut diterima Luhut dari Jokowi di pesawat dalam perjalanan untuk melakukan groundbreaking kawasan industri tersebut. Untuk memuluskan proyek tersebut, Luhut memastikan tidak ada yang bisa menghambat proses perizinannya.

"Mengingat penting dan strategisnya investasi ini, kami para menteri di kabinet beserta dengan pemda berkomitmen untuk mengawal investasi ini dengan baik, dan memastikan seluruh proses perizinan bisa selesai tepat waktu dan tidak ada yang bisa menghambat-hambat proses izin-izin di sini," katanya yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/12/2021).

Luhut melaporkan kepada Jokowi bahwa proyek kawasan industri tersebut mendapat dukungan dari Gubernur Kaltara dan Bupati Bulungan, serta dukungan dari segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) demi terlaksananya pengembangan kawasan tersebut.

"Seluruh perizinan, kami dapat melaporkan, Pak Presiden, dapat cepat kita koordinasikan dan mengikuti aturan yang ada, dan peranan Menteri Investasi juga sangat besar dalam hal ini," sebutnya.

Luhut mengakui bahwa pengembangan Kawasan Industri Hijau tersebut bukanlah hal yang mudah. Dia ingat tahun 2015 sudah ada rencana pengembangan kawasan industri di wilayah tersebut. Namun sampai 2018 tidak ada pengembangan yang signifikan, yang ada hanya perpanjangan izin saja dari tahun ke tahun.

Simak video 'Jokowi Groundbreaking Industrial Park: Mulai Transformasi Ekonomi!':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut halaman berikutnya.