ADVERTISEMENT

Ma'ruf Amin Cek Industri Kosmetik, Singgung Bahan Baku Masih Impor

Dwi Andayani - detikFinance
Rabu, 29 Des 2021 13:47 WIB
Wapres Maruf Amin mengunjungi pabrik kosmetik di Tangerang
Foto: Dwi Andayani/detikcom
Tangerang -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin kunjungan kerja ke PT Paragon Technology and Innovation. Hal ini dilakukan untuk meninjau perkembangan industri halal.

Pantauan detikcom di PT Paragon Technology and Innovation, Tangerang Banten, Rabu (29/12/2021) Ma'ruf sempat melihat lab dan produk-produk kosmetik halal. Ma'ruf didampingi Group CEO ParagonCorp Harman Subakat, CEO Paragon Technology and Innovation Salman Subakat, beserta jajaran lainnya.

Ma'ruf Amin menilai produk-produk halal yang dihasilkan dipadukan dengan hasil inovasi. Menurutnya produk tidak bisa hanya berdasarkan inovasi, namun juga perlu halal.

"Saya tahu ketika awal-awal perusahaan ini bergerak sekitar 1999 masih di rumah tapi setelah 22 tahun sudah jadi perusahaan yang besar. Saya lihat ini perpaduan halal dan inovasi. Halal saja tidak cukup, inovasi saja tidak cukup tapi halal dan inovasi membuktikan," ujar Ma'ruf.

Meski produk-produk halal yang dihasilkan telah diekspor dan memiliki banyak reseller, Namun bahan baku dari hulu yang digunakan masih impor.

Kondisi tersebut merupakan tantangan bagi pemerintah untuk membuat industri hulu dalam bidang kosmetik.

"Tapi ada yang saya sayangkan bahwa ternyata produk bahan bakunya, hulunya masih impor. Ini jadi tantangan pemerintah bagaimana mendorong lahirnya industri hulu kosmetik," kata Ma'ruf.

"Bahan-bahan bakunya banyak tapi bagaimana mendorong industri hulunya itu tantangan bisa kita siapkan di sini, itu tantangannya ke depan," sambungnya.

Seiring target Indonesia menjadi salah satu pusat industri halal dunia pada 2024, Ma'ruf pun mendong lahirnya industri-industri halal.

"Pertama kita mendorong lahirnya industri-industri halal di kawasan-kawasan industri maupun di luar," tuturnya.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT