Tarif Cukai Rokok Resmi Naik Tahun Depan, Ini Daftar Eceran Mulai 2022

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 18:20 WIB
Pemilik warung kelontong menata rokok di Jakarta, Selasa (14/12/2021). Cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok tahun depan ditetapkan naik oleh pemerintah. Rata-rata kenaikannya sebesar 12%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan kenaikan ini sudah disetujui oleh Presiden dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi akan menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok dan lainnya mulai 1 Januari 2022.

Hal itu dibuktikan dengan keluarnya peraturan resmi mengenai kenaikan tarif cukai hasil tembakau. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

Dalam aturan itu diterangkan Kementerian Keuangan resmi memutuskan menaikan tarif cukai hasil tembakau. Mulai dari Hasil Tembakau berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris selanjutnya disebut hasil tembakau.

"Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Kepala Kantor menetapkan kembali tarif cukai dan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2022," tulis aturan itu dalam pasal 17, dikutip Kamis (30/12/2021).

Sebagai informasi, Sri Mulyani pernah mengatakan tahun depan tarif cukai rokok akan tetap naik. Rata-rata kenaikannya sebesar 12%. Ia menjelaskan kenaikan ini sudah disetujui oleh Presiden dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021, Sri Mulyani juga telah mencantumkan batas harga jual eceran dan tarif cukai per batang atau gram hasil tembakau. Aturan ini berlaku sejak tanggal 20 Desember 2021.

Mau tahu rincian harga rokok sekarang? Buka halaman selanjutnya.