ADVERTISEMENT

Resmi! Merek Mobil SsangYong Diakuisisi Edison

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 09:22 WIB
SsangYong Turismo
Foto: SsangYong
Jakarta -

Pengadilan Seoul menyetujui produsen mobil listrik Edison Motors Co mengakuisisi SsangYong Motor Co yang bermasalah secara finansial. Kesepakatan terjadi pada Senin (10/1).

Berdasarkan perjanjian akhir, Edison telah setuju untuk mengakuisisi SsangYong senilai US$ 254 juta atau setara Rp 3,62 triliun (kurs Rp 14.270). Uang itu akan digunakan untuk membayar sebagian utang produsen mobil kepada lembaga keuangan.

Edison mengatakan telah membayar 10% dari uang akuisisi. Pihaknya juga telah setuju untuk meminjamkan 50 miliar won modal operasional kepada SsangYong untuk membantu agar tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19 yang berkepanjangan dan rendahnya permintaan.

Edison akan mendirikan sebuah perusahaan tujuan khusus untuk meningkatkan dari 800 miliar won menjadi 1 triliun won mulai tahun ini untuk berinvestasi di saham SsangYong melalui berbagai cara untuk mencapai perputaran dalam tiga sampai lima tahun.

"Opsi yang bisa dilakukan antara lain rights issue, penanaman modal asing, pinjaman dalam bentuk modal operasional, dan penerbitan obligasi. Perusahaan tidak kesulitan menghimpun dana yang diperlukan," jelas Edison dikutip dari Yonhap News, Rabu (12/1/2022).

Hal ini dilakukan untuk mengubah SsangYong menjadi produsen mobil yang berfokus pada EV dalam dekade berikutnya, sejalan dengan perubahan di pasar mobil.

Perusahaan berencana untuk memproduksi 10 model EV baru, termasuk Smart S pada 2022, 20 model pada 2025, dan 30 model untuk 2030. SsangYong akan tetap berada di bawah kurator pengadilan sampai disetujui rencana rehabilitasi Edison dan kreditur SsangYong menerima rencana penyelesaian utang awal pembuat mobil.

"Ketika semua tuntutan dipenuhi, pengadilan akan mengizinkan SsangYong lulus dari proses penjadwalan ulang utang yang dipimpin pengadilan," katanya.

Untuk keseluruhan 2021, penjualan kendaraan SsangYong turun 22% jadi 84.106 unit dari 107.324 tahun sebelumnya di tengah pandemi dan kekurangan chip semikonduktor. Produk andalannya terdiri dari SUV SsangYong Tivoli, SsangYong Korando, SsangYong Rexton dan Rexton Sports.

(aid/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT