Kawasan Industri di Kaltara Bakal Dilengkapi Transportasi, Ini Bocorannya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 21:46 WIB
Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah pekerja proyek Tol Becakayu tidak mengikuti protap kesehatan. Bekerja bekerja tanpa memakai masker.
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan transportasi di Kalimantan Utara dalam mendukung Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) dan Kawasan Industri Kalimantan Indonesia (KIKI).

Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid dan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang. Kerja sama pengembangan transportasi di Kaltara ini digagas oleh Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan, Denon Prawiraatmadja dan Ketua Kadin Kalimantan Utara Kilit Laing. Dan acara penandatangan ini dilakukan di Jakarta pada Kamis (3/2) malam dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Arsjad, sektor transportasi memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang perikehidupan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu daerah. Transportasi juga merupakan urat nadi yang dapat menjalankan roda perekonomian suatu daerah.

Keberadaan transportasi yang efektif dan efisien dapat membantu sektor industri di suatu daerah untuk bergerak, tumbuh dan berkembang sehingga dapat membantu mengembangkan perekonomian di daerah tersebut.

"Provinsi Kaltara saat ini sudah mempunyai KIPI Tanah kuning-Mangkupadi di Kabupaten Bulungan dan KIKI yang disebut sebagai kawasan industri terbesar di dunia dengan luas 30.000 hektare. Untuk menunjang keberhasilan operasional KIPI dan KIKI diperlukan suatu sistem transportasi yang baik, efektif, dan efisien," kata Arsjad dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/2/2022).

Ia menambahkan bahwa transportasi darat, laut dan perairan serta udara yang efektif dan efisien diperlukan sektor industri dalam rangka pengambilan bahan baku untuk diproses produksi dan transportasi untuk memasarkan hasil produksi yang berupa barang dan jasa ke seluruh pelosok Indonesia hingga untuk ekspor ke negara lain.

Bocoran transportasi di halaman berikutnya.