Bangga! RI Bakal Ikut Bikin Kapal Selam Canggih buat Prancis

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 10 Feb 2022 20:07 WIB
USS Connecticut, kapal selam nuklir milik Amerika Serikat
Ilustrasi Kapal Selam (Foto: US Navy/Wikimedia Commons)
Jakarta -

PT PAL Indonesia dan Naval Group (Prancis) menandatangani MoU untuk kerja sama strategis hari ini. Dengan kerja sama ini PT PAL dipercaya oleh Kementerian Pertahanan RI untuk melakukan research and development (R&D) dan pembangunan beberapa unit kapal selam jenis scorpene.

Kerja sama antara PAL dan Naval Group merupakan bentuk realisasi program modernisasi alutsista yang dilakukan Kementerian Pertahanan RI dalam upaya memperkuat kemampuan pertahanan TNI, hingga 20 tahun ke depan melalui pemenuhan armada pertahanan khususnya Angkatan Laut (AL).

Direktur Utama PT PAL Kaharuddin Djenod mengungkapkan kerja sama ini adalah sejarah yang penting untuk kedua negara. "Pemerintah Prancis begitu serius memberi dukungan peningkatan kemampuan pembangunan alutsista pada Indonesia. Dan kami PT PAL bangga menjadi salah satu bagian penting dari momen bersejarah ini," kata dia dalam siaran pers, Kamis (10/2/2022).

Sesuai dengan Perpres no.16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia, dalam upaya mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia, Indonesia harus menjadi negara maritim yang berdaulat, maju, mandiri, kuat, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamaian dunia. Dalam hal ini, PAL sebagai industri pertahanan maritim yang strategis, mendukung terwujudnya cita-cita tersebut melalui penguasaan teknologi pertahanan maritim.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan penandatanganan MoU kerja sama bidang research and development tentang kapal selam antara PAL dan Naval Group.

"Ini akan mengarah pada pembelian dua unit kapal selam scorpene dengan teknologi AIP dan lengkap dengan persenjataannya," ujar dia.

Sebagai bentuk implementasi penguasaan teknologi, keseluruhan pembangunan kapal selam jenis Scorpene ini dilaksanakan di PAL dan mengoptimalkan kapabilitas SDM PAL dengan asistensi dari Naval Group.

CEO Naval Group Pierre Eric Pommellet menyambut baik pernyataan Menhan RI untuk melakukan kerja sama di bidang kapal selam antara PT PAL dan Naval Group.

"Kami telah menandatangani nota kesepahaman untuk tujuan tersebut dan berharap dapat bekerja sama dalam program kapal selam untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia, serta untuk memperkuat industri pertahanan matra laut di Indonesia melalui PAL" jelas dia.

Simak juga video 'Mahasiswa UNS Bikin Robot Kapal Selam Tanpa Awak':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)