Kapal Selam KRI Cakra-401 Rampung Diperbaiki, PAL Serahkan ke Kemhan

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Senin, 21 Feb 2022 16:15 WIB
Kapal selam KRI Cakra-401
Kapal selam KRI Cakra-401/Foto: Dok. PT PAL
Jakarta -

Kapal selam KRI Cakra-401 resmi diserahterimakan hari ini, Senin 21 Februari 2022 dari PT PAL Indonesia ke Kementerian Pertahanan. PT PAL telah melakukan overhaul atau perbaikan menyeluruh pada November 2021 di tahap Commodore Inspection.

Penandatangan acara serah terima operasional overhaul KRI Cakra-401 dilakukan oleh CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang diwakilkan oleh Dirjen Kuathan Kemhan Laksamana Muda (Laksda) TNI Bambang Irwanto.

Acara serah terima berlangsung di lantai 4, gedung Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Surabaya, yang dipimpin oleh Laksamana Muda (Laksda) TNI Bambang Irwanto dan dihadiri oleh jajaran direksi dan komisaris PAL, serta para pemangku kepentingan dari Mabes TNI AL dan KOARMADA II.

Pada kesempatan tersebut, Kaharuddin menyampaikan bahwa overhaul kapal selam KRI Cakra-401 sangat strategis dan menjadi berkah bagi PT PAL Indonesia, karena diberi kesempatan untuk memiliki pengalaman setara 35% untuk membangun kapal selam baru.

"Dengan keberhasilan overhaul ini PAL setidaknya sudah menguasai 65% proses pembangunan kapal selam baru, baik dari desain maupun penguasaan teknologinya" kata Kaharuddin dalam keterangan tertulis, Senin (21/2/2022).

Sepaham dengan Kaharuddin, Bambang Irwanto juga menyampaikan bahwa overhaul yang dilakukan PT PAL Indonesia tidak hanya bernilai di aspek ekonomi, tetapi juga pada aspek pertahanan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.