Pabrik Pengolahan Sampah Jadi Bahan Bakar Milik Anak BUMN Dilirik Jepang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 01 Mar 2022 20:45 WIB
Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kiri) memberikan cinderamata kepada Minister for Economic Affairs and Development dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Masato Usui (kanan), saat berkunjung di SBI Pabrik Narogong, Bogor, Jawa Barat (25/2).
Kedubes Jepang Kunjungi Fasilitas Pengolahan Limbah di SBI/Foto: Dok SBI
Jakarta -

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), menerima kunjungan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Japan International Cooperation Agency (JICA) di Pabrik Narogong, Jawa Barat, Jumat (25/2).

Kunjungan yang bertujuan untuk melihat teknologi pengelolaan limbah dan sampah menjadi alternatif bahan bakar dan bahan baku yang dilakukan oleh SIG, dihadiri oleh Minister for Economic Affairs and Development dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Masato Usui, beserta tim Kedubes Jepang di Indonesia dan JICA.

Sampah perkotaan dan limbah industri masih menjadi salah satu tantangan yang perlu dihadapi di Indonesia untuk mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang berhubungan dengan lingkungan dan sosial.

Meskipun beragam inisiatif telah dilakukan oleh pemerintah dalam menangani persoalan ini, perlu ada dukungan secara konsisten dari seluruh lapisan masyarakat dan juga para pelaku usaha di berbagai sektor guna menciptakan iklim yang ramah lingkungan.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan pihaknya terus berinovasi untuk memberikan nilai tambah dan manfaat berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan. Salah satunya adalah ekonomi sirkular melalui teknologi pemanfaatan limbah industri dan sampah perkotaan untuk diubah menjadi energi alternatif terbarukan.

"Teknologi ini merupakan solusi jangka panjang untuk mengatasi persoalan limbah industri, sekaligus membantu memecahkan permasalahan sampah domestik yang dihadapi oleh pemerintah daerah," kata Donny dalam keterangannya, Selasa (1/3/2022).

Berbagi nilai dan komitmen pada pembangunan berkelanjutan, SBI menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan semen asal Jepang, Taiheiyo Cement Corporation (TCC).

Sinergi SIG, SBI, dan TCC, akan semakin mendorong kontribusi perusahaan terhadap pencapaian SDGs, melalui pengembangan produk dan solusi yang ramah lingkungan termasuk optimalisasi penggunaan bahan bakar alternatif dari pemanfaatan limbah industri dan sampah perkotaan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.