Luhut Bilang Banyak Investor Lirik Industri Mobil Listrik RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 10 Mar 2022 21:45 WIB
Mobil Listrik
Ilustrasi Mobil Listrik (Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini perusahaan-perusahaan mulai banyak yang sudah melek perubahan iklim. Mulai banyak perusahaan yang ingin menggarap proyek hijau, maksudnya proyek yang ramah lingkungan.

Luhut menyatakan salah satu proyek investasi ramah lingkungan yang jadi banyak incaran di Indonesia adalah proyek ekosistem kendaraan listrik.

Dia mengatakan Indonesia memiliki beragam komoditas kunci pada pembuatan baterai kendaraan listrik. Komponen ini menjadi salah satu hal yang penting pada sistem kendaraan listrik.

Karena hal tersebut lah banyak investor melirik Indonesia untuk melakukan investasi pada proyek baterai listrik.

"Banyak investor yang tertarik untuk masuk ke ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kita memiliki komoditas kuncinya untuk membuat baterai, mulai dari nikel, kobalt, dan copper," papar Luhut dalam webinar internasional OJK-Universitas Sebelas Maret, Kamis (10/3/2022).

Di sisi lain, Indonesia juga sedang menyiapkan kawasan industri terbesar di Kalimantan Utara. Potensi utama di kawasan itu adalah pembangkit listrik tenaga air.

Selain itu, akan ada juga pabrik-pabrik yang memproduksi barang nilai tambah mulai dari pabrik petrokimia hingga polysilicon.

"Indonesia juga menyiapkan kawasan industri hijau, salah satunya di Kalimantan Utara. Memiliki potensi besar pembangkit listrik tenaga air," ungkap Luhut.

(hal/dna)