Resmikan Mobil Listrik Buatan RI, Jokowi: Saya Tunggu-tunggu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 16 Mar 2022 15:14 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Peluncuran mobil listrik yang diproduksi di Indonesia menjadi momen yang ditunggu-tunggu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, Indonesia akan melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke energi yang ramah lingkungan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan mobil listrik IONIQ 5 seperti disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

"Hari ini saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan, meluncurkan mobil listrik IONIQ 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan," katanya.

Jokowi bilang, ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama. Transportasi yang ramah lingkungan juga akan dikembangkan di ibu kota negara Nusantara.

"Ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama kita, termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya ibu kota negara Nusantara," katanya.

Tambahnya, Indonesia harus menjadi pemain penting industri kendaraan listrik. Sebab, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang besar.

"Kita harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik. Negara kita memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik," imbuh Jokowi.

Simak juga Video: Tes Lengkap Mitsubishi Outlander PHEV: Mobil Listrik Gak Pakai Ribet

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)