Terungkap! Ini Mobil Listrik Pertama Buatan RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 17 Mar 2022 06:30 WIB
Peresmian pabrik Hyundai dan peluncuran mobil listrik Ioniq 5
Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Upaya pemerintah mengembangan kendaraan listrik mulai menunjukkan hasil. Hal itu ditandai dengan peresmian pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan mobil listrik IONIQ 5 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi mengatakan, mobil tersebut menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmikan dan saya luncurkan pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan mobil listrik IONIC 5 pertama buatan Indonesia hari ini," kata Jokowi disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/3/2022).

Jokowi mengatakan, pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia. Serta, pengembangan industri hulu terutama industri baterai.

"Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya terutama industri baterai," katanya.

Hal itu seperti yang terjadi hari ini. Dia mengatakan, mobil listrik itu menjadi yang pertama yang dibuat di Indonesia untuk memenuhi pasar dalam negeri dan ekspor.

"Seperti hari ini Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia. Yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," terangnya.