ADVERTISEMENT

Dunia Terancam Krisis Chip, HP Hingga Laptop Bisa Langka

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 09:10 WIB
Ilustrasi wanita menggunakan laptop dan ponsel
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Geber86
Jakarta -

Taiwan punya peran penting dalam industri dunia. Hal itu karena negara ini merupakan pemasok utama chip semi konduktor.

Meningkatnya ketegangan antara Taiwan dan Cina menjadi perhatian global. Para ahli mengingatkan, gangguan apapun pada pasokan chip Taiwan dapat melumpuhkan produksi peralatan utama yang dampaknya dirasakan hampir semua orang di dunia.

Taiwan telah menghadapi agresi militer dari China dalam beberapa bulan terakhir. Merespons hal tersebut, Taiwan telah meningkatkan pelatihan militernya sendiri dan berkomitmen membelanjakan anggaran pertahanan tahun ini.

Chip buatan Taiwan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari segala hal, mulai dari smartphone hingga mesin cuci. Jika konflik terjadi, maka akan terjadi bencana yang dirasakan banyak negara.

"Itu akan menjadi bencana tidak hanya bagi Taiwan, tidak hanya bagi China, tetapi juga bagi AS, Uni Eropa, dan semua orang lainnya," kata Roy Lee, Wakil Direktur Eksekutif di Taiwan's Chung-hua Institution for Economic Research dikutip dari CNN, Kamis (7/4/2022).

Kekacauan dalam pembuatan mobil global yang dipicu oleh kekurangan chip terkait pandemi selama setahun terakhir memberikan gambaran betapa buruknya hal tersebut.

"Dengan kelangkaan mobil, sekarang Anda harus menunggu enam bulan untuk mobil buatan Eropa," katanya.

"Jika Taiwan berhenti memasok chip untuk produk lain, maka mungkin Anda harus menunggu lebih dari 12 bulan untuk ponsel baru, atau bahkan lebih lama untuk laptop," imbuhnya.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT