ADVERTISEMENT

RI Bisa Cicil Setop Impor Alat Kesehatan dengan Cara Ini

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 08 Apr 2022 14:20 WIB
Melonjaknya kasus COVID-19 berimbas pada tingginya permintaan akan kebutuhan vitamin dan alat kesehatan. Penjualan di Pasar Pramuka Jakarta meningkat hingga 50 persen.
Ilustrasi/Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mengungkapkan ada peluang bisnis yang bisa dijalankan para pelaku UMKM terkait alat kesehatan (alkes). Bisnis itu berhubungan dengan alkes yang diperuntukkan bagi rumah tangga atau pribadi.

Staf Khusus Menteri Kesehatan bidang Ketahanan Industri Obat dan Alkes Laksono Trisnantoro mengatakan saat ini pembelian alkes oleh masyarakat secara langsung jumlahnya mencapai ribuan hingga puluhan juta. Masyarakat membeli alkes itu untuk digunakan di rumah tangganya atau untuk penggunaan pribadi. Contohnya pembelian kasur rumah sakit.

"Sekarang kita lihat di rumah tangga itu semakin banyak orang tua atau orang yang sakit di rumah, homecare. Mereka itu juga butuh tempat tidur seperti di rumah sakit," jelasnya saat dalam diskusi Mengapa Alat Kesehatan Indonesia Belum Mandiri Juga?, Jumat (8/4/2022).

Kasur rumah sakit untuk rumah tangga itu berbeda dengan kasur rumah sakit pada umumnya. Ia menjelaskan, dari segi warna beragam, tidak seperti kasur rumah sakit biasa yang berwarna putih. Kemudian dari bahan juga berbeda, bahan kasur ini ada yang dari kayu.

Selain itu konsumen tidak harus membeli alkes ini, tapi bisa juga menyewanya. "Karena kalau beli untuk orang tua, ya, mungkin tiga atau empat tahun meninggal itu bingung mau dipakai ke mana itu tempat tidurnya," kata Laksono.

Laksono sendiri mengaku sudah memulai bisnis persewaan tempat tidur ini untuk mereka yang membutuhkannya di rumah.

Ia juga menyarankan pemerintah daerah atau pemerintah pusat bisa memberikan pinjaman bagi kelompok miskin untuk mendapat fasilitas askes di rumahnya. Dengan demikian hal ini bisa menjadi awal kemandirian alat kesehatan di Tanah Air.

Selain kasur, Laksono menyampaikan alkes untuk pencegahan seperti tensi, bahkan lab mini juga bisa menjadi peluang.

Laksono mengungkapkan sebetulnya beberapa alkes itu memang harus dimiliki tiap rumah tangga. Karena itu, hal ini perlu didorong "Ini juga suatu peluang usaha untuk UMKM," katanya.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT