Bikin Kaget! Puluhan Buruh Pabrik Mobil di Banten Kena PHK Usai Kerja

ADVERTISEMENT

Bikin Kaget! Puluhan Buruh Pabrik Mobil di Banten Kena PHK Usai Kerja

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 14:34 WIB
Pabrik DFSK Indonesia
Puluhan Buruh Pabrik DFSK Indonesia Kena PHK/Foto: Dok. DFSK Indonesia

FSPMI sampai hari ini masih melakukan aksi unjuk rasa. Bahkan dia menerangkan bahwa kegiatan produksi sudah berhenti. Setidaknya sudah dua minggu lebih pabrik setop produksi.

"Update per hari ini masih tidak ada progres yang menggembirakan maka sikap saya nanti mulai minggu ini sedang mempersiapkan aksi ke kantor pusatnya di Jakarta," tambahnya.

Riden menjelaskan bahwa perusahaan melakukan PHK dengan alasan efisien dan pandemi virus Corona (COVID-19).

"Penjelasan efisiensi, pandemi gitu. Tapi kan data-data, karyawan juga kan namanya pekerja kan tahu juga tiap hari ekspor tetap jalan, order tetap banyak," terangnya.

Atas penolakan buruh yang ter-PHK, dia menjelaskan beberapa kali pertemuan dengan perusahaan sudah dilakukan. Tapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan buruh.

"Pertemuan sudah ada beberapa kali, tapi belum signifikan. Contoh dia hanya mau memasukkan dari 47 orang itu 3 orang. Kemudian dari pasangan yang awalnya 0,5 dia bilang mau ditambah 1 bulan. Padahal posisi FSPMI jelas, kita mintanya masuk semua, kenapa? karena fakta di lapangan produksi sedang lancar, ekspor tetap jalan," tambah Riden.

Mengutip situs resminya, PT Sokonindo Automobile merupakan perusahaan kerja sama (joint venture) antara Sokon Group (Hong Kong) Company Limited dengan PT Kaisar Motorindo Industri dari Indonesia.

Pabrik Sokonindo berada di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang - Banten, dengan luas sebesar 20 hektare. Fasilitas utama yang ada di pabrik Sokonindo adalah Stamping Workshop, Welding Workshop, Painting Workshop, dan Assembling Workshop.


(toy/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT