Toyota Punya 'Markas Mobil Listrik', Bisa Test Drive Hingga Jajal Isi Daya

ADVERTISEMENT

Toyota Punya 'Markas Mobil Listrik', Bisa Test Drive Hingga Jajal Isi Daya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 18:45 WIB
Toyota Punya ‘Markas Mobil Listrik’, Bisa Test Drive Hingga Jajal Isi Daya
Foto: Aldiansyah Nurrahman/detikcom
Karawang -

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mempunyai xEV Center di Karawang, Jawa Barat. xEV Center merupakan fasilitas pembelajaran dan pengembangan kendaraan listrik.

Ada banyak contoh mobil listrik yang dipamerkan di xEV Center yang bisa dikunjungi pemerintah hingga lembaga pendidikan. Di dalam ruangan terdapat dua mobil dan di luar ruangan ada delapan mobil berjejer. Di sebelah mobil itu ada pengisian listrik yang bisa digunakan untuk praktik.

Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman nyata dan sensasi berkendara menggunakan beragam pilihan teknologi kendaraan listrik di area Driving Experience serta fasilitas pengisian ulang daya juga dihadirkan melalui Outdoor Charging Station.

Selanjutnya, bagian dalam xEV Center merupakan tempat untuk belajar memahami mobil listrik. Dengan kondisi mobil yang sengaja dibuat tidak utuh, akan tampak aliran listrik dari arus lampu sesuai dengan aktivitas kendaraan, seperti jalan pelan, akselerasi, atau mundur.

Di setiap dindingnya juga terdapat penjelasan-penjelasan yang memudahkan publik dalam memahami ragam informasi terkini terkait elektrifikasi.

Toyota Punya 'Markas Mobil Listrik', Bisa Test Drive Hingga Jajal Isi DayaToyota Punya 'Markas Mobil Listrik', Bisa Test Drive Hingga Jajal Isi Daya Foto: Aldiansyah Nurrahman/detikcom

XEV Center didirikan di lokasi pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 m2. Proses pembangunan fase pertama berlangsung sejak Juli 2020. Bentuk arsitektur xEV Center dengan pola Triangle Shape terinspirasi dari kolaborasi triple helix.

Huruf x di depan EV sebagai kepanjangan elektrifikasi merupakan wujud ragam teknologi elektrifikasi yang sudah ada. Huruf x menunjukkan fleksibilitas kendaraan elektrifikasi sehingga dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi baik hybrid, battery, plug in, dan juga fuell cell, sehingga xEV Center dapat mendukung advokasi publik dengan ragam informasi teknologi elektrifikasi.

Sementara ini xEV Center bisa disambangi oleh lembaga pendidikan dan pemerintah. Namun ke depannya fasilitas ini dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat umum. Kehadiran xEV Center bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau melalui kehadiran berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia.

"xEV Center akan menjadi Fasilitas Pembelajaran, Kapabilitas, dan Penelitian Teknologi Elektrifikasi, Energi Hijau, dan Mobilitas sebagai sarana bagi SDM Indonesia untuk memperdalam pemahaman mengenai teknologi dan ekosistem industri otomotif di masa depan sehingga Indonesia terus menjadi bagian penting dari industri otomotif dunia," kata Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azam, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (19/5/2022).

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT