LG Investasi Kendaraan Listrik Hulu ke Hilir, Jokowi: Pertama di Dunia

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 08 Jun 2022 13:09 WIB
Jokowi
Foto: 20Detik
Jakarta -


LG Energy Solution membangun pabrik baterai Electronic Vehicle (EV) di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Nilai investasinya diperkirakan mencapai US$ 9,8 miliar atau Rp 142 triliun.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut investasi ini merupakan investasi dari hulu ke hilir yang pertama di dunia.

"Investasi LG ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu ke hilir," kata Jokowi dalam Seremoni Implementasi Rencana Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintegrasi di KIT Batang, Rabu (8/6/2022).

Nikel sebagai bahan baku utama baterai listrik ditambang di Halmahera, Maluku. Sementara lokasi Industri, pemurnian dan produksi katodanya ada di KIT Batang. Hal inilah yang disebutnya sebagai hilirisasi, yaitu tersebar di wilayah Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengapresiasi investasi LG di Indonesia. Sebab, ini membuka lapangan pekerjaan hingga 20.000 orang. Ia menambahkan pabrik baterai sedang dibangun di Karawang, dan pabrik mobil listrik di Cikarang.

Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam acara tersebut mengatakan jika dampak ekonomi dari investasi ini mencapai US$ 5,6 miliar atau Rp 80, 6 triliun (kurs Rp 14.400) setiap tahunnya.

Presiden LG Energy Solution Lee Bang Soo menyebut investasi ini sebagai kunci penting pembangunan nasional. Ia berharap pabrik EV ini menjadi salah satu yang terpenting di Asia Tenggara untuk masa depan.

LG bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam proyeknya. Proyek ini bakal berkontribusi bagi industri baterai sekunder global dalam 26 tahun ke depan.

Lee menyebut proyek grand package ini dapat mendukung produksi baterai kendaraan listrik sebesar 3,5 juta unit dan 200 gigawatt (GW) per tahun.



Simak Video "Mau Punya Teman yang Stylist dan Diandalkan? "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)