ADVERTISEMENT

Banggakan KIT Batang, Jokowi: Semua Industri Raksasa Akan di Sini!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 08 Jun 2022 16:57 WIB
Jokowi
Foto: 20Detik
Jakarta -

Pengembangan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang sudah dilakukan sejak dua tahun yang lalu. Pemerintah sudah mulai melakukan pengembangan pertama di 450 hektare wilayah KIT Batang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim dari ratusan hektare wilayah yang disiapkan itu sudah dipenuhi pabrik-pabrik yang mulai konstruksi. Mulai dari pabrik baja, pipa, hingga baterai mobil listrik. Yang jelas menurut Jokowi semua industri raksasa dunia bakal masuk ke KIT Batang.

"Sudah kita mulai dua tahun lalu kalau dilihat seperti sekarang konstruksi pabrik semuanya dimulai meskipun baru 8%. Di sini pertama kita akan siapkan 450 hektare," ungkap Jokowi dalam keterangan pers setelah meninjau KIT Batang Jawa Tengah yang disiarkan virtual, Rabu (8/6/2022).

"Semua (tempat) sudah habis untuk pabrik baja, pipa, baterai listrik, keramik, semua industri raksasa akan di sini," ujarnya.

Jokowi juga menjelaskan beberapa dampak positif yang terjadi dengan adanya pembangunan dan operasional pabrik di KIT Batang. Pertama, pembukaan lapangan kerja besar-besaran, setidaknya akan ada 20.000 lapangan kerja terbuka.

Kedua, pendapatan negara bertambah. Baik dari pajak penghasilan untuk karyawan pabrik dan perusahaan, hingga Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Paling penting ini akan buka lapangan kerja besar, pertama. Kedua pendapatan negara juga akan tambah dari pajak, dari PPh karyawan dan perusahaan, PNBP, semua pendapatan akan naik," ujar Jokowi.

Yang terakhir karena industri yang hadir di KIT Batang mayoritas berorientasi ekspor maka akan mampu memperkuat neraca perdagangan.

Lihat juga Video: Kisah Dedy Delon, Air Mata di Balik Tawa Panglima Badut Indonesia

[Gambas:Video 20detik]




(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT