Ramalan Jokowi: Mobil Listrik di RI Bakal Ramah di Kantong

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 05:45 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin harga kendaraan listrik di Indonesia bakal makin murah. Sampai saat ini harga mobil listrik masih berada di atas Rp 600 juta. Jokowi sendiri wajar harga kendaraan listrik mahal karena menggunakan teknologi yang baru dikembangkan.

Jokowi yakin harga kendaraan listrik di Indonesia makin murah seiring teknologi yang semakin berkembang. Khususnya, perkembangan teknologi pada unsur baterai.

Pasalnya, baterai menjadi biaya produksi kendaraan listrik terbesar. Setidaknya, 50% harga kendaraan listrik disumbang dari baterai.

"Biasa itu untuk pertama seperti itu. Itu karena 50% cost itu baterainya. Nanti kan kalau ada teknologi baru lagi harga baterai akan makin murah, semakin murah, semakin murah," ujar Jokowi dalam keterangan pers setelah meninjau KIT Batang Jawa Tengah yang disiarkan virtual, Rabu (8/6/2022).

"Saya kira itu masalah teknologi saja," tegasnya.

Jokowi juga menekankan harga kendaraan listrik makin murah karena ekosistem industrinya bakal dibangun di Indonesia. Dengan begitu biaya-biaya produksi kendaraan listrik bisa makin murah.

"Apalagi, dibangun di Indonesia, di tempat di mana nikel itu ada. Cobalt ada, sehingga semuanya dikerjakan dari hulu ke hilir dan menekan cost-nya yang paling murah jadi kompetitif," kata Jokowi.

Kemarin, Jokowi menghadiri acara seremoni implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah. Jokowi juga sempat meninjau KIT Batang naik mobil listrik Hyundai jenis Genesis G80.

Harga mobil listrik terkini di halaman berikutnya.