Ikut Arahan Luhut, Kawasan Industri Weda Bay Mau Buka Politeknik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 16:29 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Pengelola kawasan industri pengolahan logam berat PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) akan membuka politeknik tahun ini. Pembukaan politeknik ini sejalan dengan permintaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Di tahun ini insya Allah kita akan rilis program setara D1, yang Insya Allah akan kita lakukan di bulan Agustus," kata Corporate CSR IWIP Novrie J di Kawasan Mega Kuningan Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Pembukaan politeknik ini sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia di wilayah tersebut. Ada tiga mata kuliah yang akan diberikan pada program D1 ini yakni pengelasan, instalasi listrik dan analis logam kimia.

"Tiga-tiganya kita harapkan menjadi satu wadah atau tempat di mana para lulusan pendidikan D1 ini dapat bekerja di industri karena memang kebutuhan man power yang begitu besar," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam kunjungannya ke IWIP Juni 2021 lalu, Luhut minta agar investor IWIP turut membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Halmahera Tengah.

"Saya minta juga untuk IWIP membantu tingkatkan kualitas pendidikan disini dengan membangun politeknik seperti di Morowali. Sehingga nanti anak-anak lokal bisa menikmati pendidikan yang berkualitas," terangnya seperti dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dengan kondisi kawasan industri yang terintegrasi tersebut, menurut Luhut sudah dapat menjadi tempat praktik yang bagus.

"Jadi semua industri strategis seperti ini, nanti harus ada Poltek (Politeknik) yang khusus untuk menampung anak-anak di sekitar pabrik agar suatu ketika bisa menggantikan pegawai-pegawai asing di pabrik-pabrik ini," ujarnya.



Simak Video "Luhut Buka Suara Disebut 'Menteri Segala Urusan'"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)