ADVERTISEMENT

Dihajar Sanksi Barat, Rusia Bikin Mobil Murah Tanpa Airbag

Ardan Chandra - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 14:39 WIB
Lada Granta
Dihajar Sanksi Barat, Rusia Bikin Mobil Murah Tanpa Airbag/Foto: Lada
Jakarta -

Berbagai sanksi negara Barat membuat ekonomi Rusia 'sempoyongan'. Rusia memproduksi mobil dengan menghilangkan beberapa fitur.

"Ini kendaraan baru paling terjangkau di Rusia. Mereka menyebutnya mobil anti sanksi," bunyi keterangan di TV Pemerintah Rusia terkait mobil Lada Granta, dikutip dari BBC, Selasa (28/6/2022).

Mobil Lada Granta diproduksi di kota Togliatti tanpa airbag, sistem pengereman anti-lock, electronic stability control, dan pretensioner sabuk pengaman. Produksi mobil dibayangi sanksi barat karena Rusia tidak bisa mengimpor semua komponen seperti dulu.

Dengan 'embel-embel' masih berfungsi, Rusia berupaya bertahan di tengah serbuan sanksi negara-negara barat imbas invasi ke Ukraina. Lebih dari 10.500 pembatasan diberlakukan kepada individu dan perusahaan Rusia.

"Skala sanksi internasional akan menyebabkan keruntuhan ekonomi jika sanksi itu muncul begitu saja," kata Chris Weafer dari Macro Advisory di Moskow.

Namun Rusia menghasilkan lebih banyak uang dari ekspor energi dan bahan mentah. Selama lima bulan pertama tahun ini, surplus neraca berjalan Rusia mencapai US$ 110 miliar yang digunakan untuk mendanai militer hingga subsidi.

Capaian tersebut membantu penguatan rubel dan inflasi yang mereda, tapi resesi masih ada di depan mata. Ekonomi Rusia diperkirakan menyusut hingga 10% pada tahun ini.

Masyarakat Rusia belum banyak terdampak. Rak supermarket di Moskow masih penuh, meski beberapa barang impor sudah tidak ada lagi.

Namun, mal di Moskow menjadi sepi karena beberapa merek asing menangguhkan operasi di Rusia. Banyak kios yang tutup.

Seorang supir taksi bicara jalan terjal di tempatnya bekerja. Setelah perang Rusia dan Ukraina, harga mobil naik tinggi sehingga perusahaan terpaksa menggunakan mobil lebih lama dari biasanya.

Apakah mobil Lada Granta jadi solusi? Bahkan Lada Granta dengan airbag dinilai sangat kecil dan tidak nyaman.

Simak Video: Jokowi Disarankan Pakai Perisai Udara Saat ke Ukraina

[Gambas:Video 20detik]



(ara/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT