ADVERTISEMENT

Pengin Beli Mobil Listrik? Perhatikan Hal Ini Dulu Ya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 19:31 WIB
Toyota Innova listrik
Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

Diperkirakan ada 16 ribu unit mobil listrik menurut data Kementerian Perhubungan. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih mobil listrik

Contohnya terkait service dan repairing kendaraan listrik. Banyak yang bertanya-tanya tentang layanan aftersales mobil listrik di Indonesia.

"Aspek lain dari si pengguna, misalnya service dan repairing. Itu kalau kita beli mobil aftersales gimana, servicenya & repairing gimana," ujar Indra dalam Webinar Ambisi Indonesia Kebangkitan Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik, Rabu (29/6/2022).

Indra mengatakan, ada beberapa brand mobil listrik best seller yang menawarkan sistem services dan repairing yang baru. Misalnya, layanan tombol emergency untuk situasi tertentu.

"Mereka men-connect, ada salah satu yang dari Korea itu dengan layanan emergency. Tinggal pencet tombol, di mana pun ada masalah, datang itu teknisi," katanya menambahkan.

Tetapi, untuk sampai ke level tersebut dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak.Selain itu, diperlukan juga kerjasama dengan lembaga pendidikan untuk melatih anak bangsa menguasai skill service mobil listrik yang butuh pemahaman khusus.

Selain itu, Indra menekankan pentingnya peran engineer dalam menciptakan desain mobil listrik yang efektif. Banyak masyarakat masyarakat khawatir dengan performa dan daya jelajah mobil listrik.

"Sifat atau nature pengguna mobil listrik mengidap satu kecemasan, range anxiety, kecemasan akan daya jelajah. Kalau naik mobil listrik ada kecemasan itu. Ini berapa km nyampe nggak ya, ini baterainya nampe nggak," ungkapnya.

Indra menyarankan, perlu inovasi yang baru untuk mengoptimalkan daya jelajah mobil listrik. Misalnya, memindahkan mesin utama dari sasis agar bobotnya ringan dan daya jelajahnya tinggi.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT