ADVERTISEMENT

Petrokimia Gresik Cetak Laba Rp 1,94 T, Naik 175%

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 12 Jul 2022 16:59 WIB
Pabrik Amoniak-Urea II Petrokimia Gresik
Foto: Petrokimia Gresik
Jakarta -

PT Petrokimia Gresik mencatatkan laba Rp 1,94 triliun pada 2021. Realisasi tersebut setara dengan 175% Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) sebesar Rp 1,11 triliun.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan pencapaian tersebut sangat baik setelah dihantam pandemi COVID-19.

"Tahun 2021 kemarin Indonesia masih menghadapi gelombang kedua pandemi COVID-19 lantaran munculnya varian Delta. Sejumlah negara juga masih membatasi akses perdagangan mereka untuk mencegah penularan COVID-19. Alhamdulillah di tengah tantangan ini, Petrokimia Gresik masih bisa memberikan kinerja yang memuaskan," kata Dwi dalam keterangan tertulis, Selasa (12/7/2022).

Selain hasil audit laporan keuangan, Petrokimia Gresik juga meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Realisasi tingkat Kesehatan Perusahaan memperoleh skor 81,50 dengan predikat Sehat AA atau lebih tinggi dibandingkan skor RKAP sebesar 76,00 predikat Sehat A.

Dwi menyebut capaian itu bisa diraih Petrokimia Gresik karena didukung oleh berbagai terobosan. Sepanjang 2021, inovasi Petrokimia Gresik mampu menciptakan nilai tambah atau value creation riil Rp 240,68 miliar.

Sejumlah inovasi tersebut, kata Dwi, juga telah menarik perhatian dunia melalui empat predikat '3 Stars' atau kategori tertinggi dalam ajang konvensi inovasi internasional 26th Asia Pacific Quality Organization (APQO).

"Artinya, karya inovasi Petrokimia Gresik tidak hanya berdampak pada perolehan laba bagi perusahaan, tapi juga menginspirasi dan mampu membawa prestasi hingga level internasional," tandas Dwi.

(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT