ADVERTISEMENT

Mimpi RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Ada di 7 Sektor Industri Ini

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 24 Agu 2022 13:58 WIB
Ilustrasi Industri 4.0
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Indonesia ditargetkan bisa masuk dalam 10 besar ekonomi dunia pada tahun 2030. Untuk mencapai target itu, pemerintah sudah menyiapkan strategi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Dody Widodo mengatakan, pemerintah akan mendorong 7 sektor industri demi mengejar target tersebut. Hal ini disampaikannya dalam acara Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 di Birawa Assembly Hall Jakarta.

"Kita berharap pada tahun 2030 kita bisa masuk 10 besar ekonomi dunia. Bagaimana kita mengakselerasinya? Mendorong tujuh sektor industri utama yang ingin kita dorong dan implementasikan making 4.0," kata Dody, Rabu (24/8/2022).

Terdapat tujuh sektor industri yang menjadi fokus Kemenperin. Beberapa di antaranya adalah industri makanan, minuman, tekstil dan busana, otomotif, industri kimia, industri elektronika, industri farmasi, dan industri alat kesehatan.

Menurut Dody, program pengembangan untuk sektor ini sudah berjalan efektif. Kemenperin pun melihat adanya pertumbuhan di ketujuh sektor tersebut.

Dari segi pertumbuhan ekonomi, Dody menyebut Indonesia sudah berada di jalur yang tepat.

"Secara makro saya hanya ingin menyampaikan secara brief saja, berdasar indikator-indikator yang ada kita menunjukkan, bahwa kita dalam jalur yang tepat. Hal ini terbukti dari catatan nilai ekspor sektor industri periode Januari-Juli tahun 2022 sebesar US$ 119,4 Miliar, tumbuh 24% dari periode yang sama di tahun lalu," katanya.

Menurutnya hal ini juga tak lepas dari upaya Kemenperin dalam memfasilitasi investasi-investasi di Indonesia.

"kita melihat bahwa dalam 2 tahun terakhir investasi industri tumbuh 2 digit. Ini cerminan kepercayaan dan harapan bahwa kita a few steps closer untuk menjadi kekuatan industri dunia," sambungnya.

Simak juga video 'Jokowi Prediksi Ekonomi 2023 Tumbuh Sebesar 5,3%':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT