Dubes RI Kunjungi Pabrik Airbus di Spanyol, Titip Pesan Ini buat PTDI

ADVERTISEMENT

Dubes RI Kunjungi Pabrik Airbus di Spanyol, Titip Pesan Ini buat PTDI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 22:19 WIB
Pesawat  Airbus A380 akan dihentikan produksinya karena terus merugi. Sebelum resmi dihentikan, yuk lihat pabrik superjet tersebut.
Foto: (Dok. Airbus)
Jakarta -

Pabrik pesawat pelat merah PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI menjajaki kerja sama produksi dengan pabrik pesawat terkemuka Eropa, Airbus. Kedua perusahaan akan bekerja sama untuk memproduksi komponen aerostruktur helikopter dan pesawat militer dengan Airbus.

Sejalan dengan kerja sama itu, Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib mengunjungi pabrik Airbus di Sevilla, Spanyol. Di pabrik itu menurut Najib ada napak tilas PTDI yang diabadikan sebagai tugu peringatan.

Dia bercerita pabrik Airbus di Sevilla pada awalnya merupakan pabrik pesawat besutan CASA, perusahaan pelat merah Spanyol. CASA pernah bekerja sama dengan PT Nurtanio, kelak menjadi PT Dirgantara Indonesia.

"Kompleks ini dulu adalah milik CASA Spanyol, CASA itu industri pesawat milik pemerintah Spanyol yang bekerja sama dengan PT Nurtanio. PT Nurtanio kemudian berubah nama jadi PTDI," ungkap Najib dalam siaran video di akun YouTube Wisma Duta RI Madrid, dikutip Selasa (14/9/2022).

Nah salah satu prestasi luar biasa kerja sama CASA dengan PTDI pada waktu itu adalah produski pesawat CN 235. Prototipe pesawat tersebut sampai saat ini masih dipajang di pintu masuk pabrik Airbus di Sevilla sampai saat ini.

Pasalnya, pesawat tersebut pernah diproduksi langsung di Spanyol dengan kerja sama CASA dan PTDI yang pada saat itu bernama PT Nurtanio.

"Di belakng ini ada (prototipe) CN 235 yang kemudian jadi tugu dan diletakkan di pintu masuk dari industri pesawat Airbuss saat ini," ungkap Najib.

Seiring dengan itu CN 235 tak diproduksi lagi setelah akuisisi yang dilakukan tahun 2001. Sudah ada generasi baru dari CN 235 yang diproduksi di Sevilla.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT