ADVERTISEMENT

Laku Keras! PTDI Berhasil Jual 466 Pesawat Canggih Ini ke Asing

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 02 Agu 2022 11:11 WIB
Pesawat NC212i yang menjalankan misi ferry flight ke Thailand
Pesawat NC212i yang menjalankan misi ferry flight ke Thailand/Foto: Yudha Maulana/detikJabar
Jakarta -

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sampai saat ini telah berhasil menjual dan melakukan pengiriman pesawat terbang dan helikopter, baik dalam maupun luar negeri sebanyak 466 unit. Sebanyak 120 unit di antaranya adalah pesawat NC212 series, dari total sebanyak 604 unit pesawat NC212 series di dunia.

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM PTDI, Wildan Arief mengatakan pesawat terbang NC212i ini dapat digunakan sebagai passenger transport, VIP, cargo, rain making, troop/paratroop transport dan medical evacuation yang dapat dipasang bergantian.

Pesawat NC212i merupakan pesawat multiguna generasi terbaru dari NC212 dengan kapasitas 28 penumpang, memiliki ramp door, winglet, kabin yang luas di kelasnya, sistem navigasi dan komunikasi yang lebih modern, biaya operasi yang lebih rendah namun tetap kompetitif di pasar pesawat kecil.

"Pesawat NC212i tersebut telah sepenuhnya dikerjakan oleh PTDI, artinya PTDI adalah satu-satunya industri pesawat terbang di dunia yang saat ini memproduksi pesawat NC212i," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

Operator dalam negeri yang menggunakan pesawat NC212 series adalah TNI AU, TNI AD, TNI AL, Kepolisian, BPPT, yang dalam operasinya digunakan untuk memenuhi kebutuhan angkut sipil, militer dan Maritime Surveillance Aircraft (MSA).

Sedangkan, untuk operator luar negerinya adalah Thailand untuk pesawat angkut militer dan modifikasi cuaca (rain making), Filipina dan Vietnam untuk pesawat angkut militer.

Di pasar ekspor, Thailand merupakan customer kedua yang paling banyak membeli pesawat terbang produksi PTDI karena dianggap sesuai dengan medan dan kebutuhan pertahanannya. Selain itu, letak geografis Thailand yang dekat dengan Indonesia mempermudah kegiatan dukungan purna jual.

PTDI sendiri baru mengirim satu unit pesawat terbang NC212i untuk Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand dari Hanggar Delivery Center PTDI Bandung, menuju Nakhon Sawan Air Base, Muang, Nakhon Sawan, Thailand, yang direncanakan akan tiba pada tanggal 03 Agustus 2022.

Pesawat NC212i tersebut rencananya akan melakukan Final Acceptance oleh Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand, pada tanggal 04 Agustus 2022 yang akan disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman.

Penandatanganan kontrak pengadaan 1 (satu) unit pesawat terbang NC212i ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2020 antara PTDI dengan A.I.C.E. Enterprises (Thai) Co., Ltd. dengan end user adalah Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.

"Selain pesawat ini, masih ada satu pesawat NC212i lagi dari kontrak (PTDI) lainnya yang akan di-deliver tahun ini ke Thailand, targetnya bulan Desember 2022," tambah Wildan Arief.

Simak juga Video: Prabowo Tantang Dirut PTDI Perbanyak Produksi Pesawat CN235

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT