Dubes RI Kunjungi Pabrik Airbus di Spanyol, Titip Pesan Ini buat PTDI

ADVERTISEMENT

Dubes RI Kunjungi Pabrik Airbus di Spanyol, Titip Pesan Ini buat PTDI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 22:19 WIB
Pesawat  Airbus A380 akan dihentikan produksinya karena terus merugi. Sebelum resmi dihentikan, yuk lihat pabrik superjet tersebut.
Foto: (Dok. Airbus)

Meskipun begitu, CN 235 masih diproduksi oleh PTDI di Indonesia. Bahkan, menurut Najib, masih banyak sekali negara yang berminat pada pesawat tersebut. Mulai dari Filipina, Thailand, dan beberapa negara Asia Tenggara Lainnya. Uni Emirat Arab dan beberapa negara Afrika berminat mendatangkan pesawat CN 235.

Kunjungan Najib dilakukan untuk melihat produksi pesawat di pabrik Sevilla. Dia bilang Indonesia juga memesan beberapa jenis pesawat Airbuss untuk keperluan militer dari pabrik tersebut.

"Indonesia juga memesan beberapa jenis pesawat Airbuss untuk keperluan militer dan sekarang sedang diproduksi. Karena itu saya melihat kondisi di lapangannya kemudain berkolaborasi," ungkap Najib.

Pesan buat PTDI

Najib menitip pesan agar PTDI tetap mengembangkan produk pesawatnya. Hal itu bisa dilakukan dengan berkolaborasi dan memproduksi desain baru sesuai keperluan dalam negeri. Untuk pasar internasional, menurutnya PTDI bisa mengincar ceruk pasar kebutuhan pesawat di negara-negara berkembang.

"Artinya masih ada ruang dan pasar spesifik tertentu yang bsia diraih di luar pemain besar seperti Airbuss dan Boeing," sebut Najib.

Dia juga mengatakan semua pihak harus kembali mengembangkan teknologi. Penguasaan teknologi adalah bagian tak terhindarkan dari kompetisi global saat ini dan seterusnya.

"Penguasaan teknologi tak hanya tingkatkan kemampuan sumber daya manusia tapi juga kompetisi di dalam masalah ekonomi. Karena penguasaan teknologi mampu menimbulkan daya kemampuan saing ekonomi dan tingkatkan kesejahteraan," ungkap Najib.

Lebih dari itu, teknologi mampu meningkatkan kemampuan militer dan berimplikasi dengan kemampuan atau negosiasi politik.


(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT