ADVERTISEMENT

Distributor Pupuk Makin Gampang Dapat Modal dari Bank Syariah, Ini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 17:10 WIB
Pupuk Kaltim
Ilustrasi/Foto: dok Pupuk Kaltim
Jakarta -

Distributor PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mendapatkan kemudahan dalam mengakses permodalan dari Bank Syariah Indonesia (BSI). Diharapkan distributor mampu menjalankan kewajiban penyaluran pupuk kepada petani secara optimal, khususnya di wilayah distribusi masing-masing.

Adanya kemudahan akses permodalan diharapkan dapat semakin memacu kinerja seluruh distributor Pupuk Kaltim, agar ketersediaan pupuk bagi petani terpenuhi sesuai kebutuhan dan alokasi yang ditetapkan.

"Dari kerja sama ini, produktivitas distributor dan agen Pupuk Kaltim di Indonesia diharap berjalan lebih optimal seiring terpenuhinya kebutuhan modal kerja," kata Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman dalam keterangan tertulis, Selasa (20/9/2022).

Saat ini Pupuk Kaltim memiliki ratusan mitra distributor yang tersebar di seluruh wilayah tanggung jawab distribusi perusahaan. Distributor aktif korporat lebih dari 60 mitra usaha dan distributor retail 345 mitra. Dari total tersebut, beberapa distributor sangat membutuhkan pendanaan tambahan dari lembaga keuangan untuk menjalankan kewajiban sebagai penyalur pupuk kepada petani.

Dukungan akses permodalan diberikan karena distributor memiliki peranan penting bagi Pupuk Kaltim dalam menjalankan tugas penyaluran pupuk hingga ke petani. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi kelangkaan pasokan, dan produk Pupuk Kaltim bisa diakses dengan mudah oleh petani di seluruh wilayah pemasaran.

"Melalui dukungan pembiayaan yang diberikan, penyaluran pupuk yang tepat sasaran mampu tercapai dengan baik, sehingga produktivitas pertanian dan profitabilitas petani dalam menjaga ketahanan pangan nasional turut meningkat," tambah Qomaruzzaman.

BSI siapkan Rp 100 miliar. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT