Tak Puas Bikin iPhone cs, Foxconn Serius Garap Mobil Listrik

ADVERTISEMENT

Tak Puas Bikin iPhone cs, Foxconn Serius Garap Mobil Listrik

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 20 Okt 2022 11:29 WIB
HANOVER, GERMANY - MARCH 04:  The stand of Taiwanese electonics giant Foxconn promotes green and energy saving business practice at the CeBIT technology fair on the first day the fair opened to the public on March 4, 2008 in Hanover, Germany. CeBIT, the worlds largest technology trade fair, will run from March 4-9.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Produsen iPhone asal Taiwan, Hon Hai Technology Group berencana untuk mengembangkan bisnisnya untuk menggarap mobil listrik. Perusahaan yang terkenal dengan sebutan Foxconn mengatakan berencana membangun mobil listrik pada tahun 2025.

Mengutip dari CNN, Kamis (20/10/2022) Pimpinan perusahaan Liu Young-way berencana menjual mobil listriknya tidak dengan nama perusahaan. Mereka membangun mobil listrik dengan cara kerja sama dengan produsen mobil lainnya, seperti yang dilakukan Magna Steyr Eropa yang memproduksi Mercedes, BMW dan Jaguar.

Foxconn diketahui di berbagai negara memang telah melakukan banyak kerja sama dengan produsen mobil untuk menggarap kendaraan listrik.

Di Taiwan, Foxconn memamerkan mobil listrik pickup. Mobil itu disebut menjadi pickup listrik pertama yang dirancang dan dikembangkan di Taiwan. Nama mobil tersebut Model V yang merupakan truk empat pintu, lima kursi dan dapat membawa satu ton kargo serta menarik hingga tiga ton.

Di Amerika Serikat sendiri, Foxconn baru-baru ini mulai membangun mobil pickup listrik di pabrik Lordstown, Ohio, yang dulunya membuat mobil kecil untuk General Motors. GM menjual pabrik tersebut ke Lordstown Motors, sebuah perusahaan rintisan dengan rencana untuk membuat pickup listrik, pada 2019.

Kemudian Lordstown Motors menjual pabrik tersebut ke Foxconn awal tahun ini. Lordstown Motors mengumumkan dimulainya produksi mobil tersebut pada 29 September, dan akan didistribusikan ke konsumen pada akhir tahun ini.

Foxconn juga memiliki perjanjian dengan Fisker Inc. untuk membangun mobil kecil yang disebut Fisker Pear di Lordstown. Startup lain yang berbasis di California, Indi EV, juga telah teken kerja sama dengan Foxconn dalam membangun mobil, Indi One, di sana. Selain mobil jalan raya, Foxconn juga telah setuju untuk membangun traktor pertanian listrik, Monarch MK-V, di pabrik tersebut.



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT