Bisa Genjot 3 Juta Boneka/Minggu, Produksi Barbie di RI Terbesar di Dunia

ADVERTISEMENT

Bisa Genjot 3 Juta Boneka/Minggu, Produksi Barbie di RI Terbesar di Dunia

Nadhifa Sarah Amalia - detikFinance
Kamis, 08 Des 2022 14:18 WIB
Boneka Barbie
Foto: dok. Nadhifa Sarah Amalia/detikcom
Cikarang -

Produsen mainan, PT Mattel Indonesia (PTMI), meresmikan fasilitas molding center terbaru di Cikarang, Jawa Barat. Investasi ini untuk memperbanyak kapasitas produksi boneka Barbie hingga 3 juta per minggunya.

"Kapasitas produksi setahun dengan investasi yang baru adalah sekitar 3 juta boneka setiap minggu," ungkap Vice President dan General Manager Mattel Indonesia Roy Tandean saat peresmian molding center di Cikarang, Kamis (8/12/2022).

Produksi boneka Barbie di Mattel Indonesia lebih banyak daripada produksi di perusahaan Mattel negara-negara lain. Bahkan saat ini, produksi lokal Mattel mewakili lebih dari 35% total ekspor global mainan Indonesia.

"PTMI adalah bagian penting dari rantai perusahaan Mattel secara global. Saat ini, produksi boneka Barbie di PTMI lebih banyak daripada produksi Mattel lainnya di dunia. Kami juga berkontribusi di lebih dari 150 negara," jelas Roy.

Adapun di tahun 2021, produksi boneka Barbie di PTMI mencapai 85 juta boneka dan aksesoris. Mereka juga memproduksi diecast Hot Wheels hingga 118 juta produk.

"Hal ini menjadikan PTMI sebagai salah satu produsen mainan terbesar di dunia dari merek ikonik kami seperti Barbie dan Hot Wheels," tutur Roy.

Dengan adanya ekspansi ini, PTMI berpotensi menciptakan hingga 2.500 lowongan kerja baru untuk tenaga kerja di Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 9.000 karyawan yang bekerja di PTMI.

"Kami berproduksi seasonal, jadi ada waktu-aaktu puncak produksi, ada waktu-waktu yang rendah. Seperti sekarang kami memasuki low season. Akan ada potensi tambahan (lapangan kerja) hingga 2.500 saat puncaknya. Sekarang sudah ada 9.000-an karyawan," pungkas Roy.

Sebagai informasi, Pabrik Barat PTMI didirikan pada tanggal 8 Oktober 1992 di Cikarang, Jawa Barat, sebagai pabrik pertama Mattel di Indonesia. Pabrik ini dibangun di atas tanah seluas 45.000 meter persegi. Pada tahun 2016, pabrik ini diubah menjadi pabrik diecast canggih yang kini dikenal sebagai MIDC (Mattel Indonesia Diecast). Pabrik ini mulai berproduksi pada tahun 2017 dan sekarang menjadi produsen utama paket 5 mobil Hot Wheels secara global.

Pada tahun 1997, Mattel membuka (PTMI) Pabrik Timur sebagai perluasan dari lokasi semula. Pabrik Timur PTMI adalah produsen utama boneka Barbie di dunia. Pabrik Timur menempati sebidang tanah seluas 88.000 meter persegi.

(prf/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT