Balada Bisnis Tes COVID-19, Dulu Jaya Kini Tak Berdaya

ADVERTISEMENT

Balada Bisnis Tes COVID-19, Dulu Jaya Kini Tak Berdaya

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 03 Jan 2023 06:20 WIB
Sejumlah jurnalis menjalani test swab antigen di Kantor BPOM, Jakarta, Kamis (17/11/2022). Indonesia mencatat sebanyak 7.822 kasus baru COVID-19, Kamis (17/11/2022), Kasus aktif kini sebanyak 60.471 kasus.
Foto: Agung Pambudhy
Tangerang Selatan -

Pemerintah resmi mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan tak lagi mewajibkan swab antigen atau PCR. Bagaimana nasib bisnis layanan tersebut?

Berdasarkan pantauan detikcom, Senin (2/1/2023) sejumlah tempat swab antigen dan PCR tidak seperti situasi tahun lalu atau awal pandemi. Salah satu layanan swab di daerah Pamulang, Tangerang Selatan misalnya, terpantau sepi konsumen.

Tempat pukul 08.30 WIB, terlihat hanya 3 konsumen yang melakukan swab antigen atau PCR. Kursi-kursi yang disediakan juga kosong. Padahal tahun lalu, tempat drive thru swab ini bisa antre sampai ke jalan raya.

Berdasarkan keterangan salah satu petugas, memang permintaan swab antigen dan PCR semakin sedikit. Tetapi setiap harinya tetap ada yang datang untuk swab. Petugas tersebut mengatakan paling banyak dari kalangan karyawan.

"Iya semakin sedikit, tapi biasanya paling banyak itu dari kantor ya untuk karyawan," tutur salah satu petugas.

Berkaitan dengan adanya pencabutan kebijakan PPKM, petugas itu memprediksi permintaan akan swab antigen dan PCR akan semakin sedikit permintaan ke depannya. Apa lagi ditambah keterangan Menkes yang mengatakan sudah tak mewajibkan lagi kedua test tersebut.

"Kalau sudah tidak diwajibkan ya akan semakin sedikit pastinya, tergantung kebijakan nanti kayaknya," jelasnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Menkes Ungkap Cara Identifikasi Varian Baru Covid-19

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT