Siap-siap! Tarif Parkir Kendaraan Listrik di Bandara Bakal Lebih Murah

ADVERTISEMENT

Siap-siap! Tarif Parkir Kendaraan Listrik di Bandara Bakal Lebih Murah

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 03 Jan 2023 16:52 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Dok. Kementerian BUMN
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana menerapkan tarif parkir murah untuk kendaraan listrik di fasilitas parkir perusahaan pelat merah. Hal ini diungkapkan Erick setelah mengumumkan kenaikan harga Pertamax.

"Dan kami dari BUMN sedang me-review fasilitas parkir di seluruh BUMN, airport, mungkin nanti kalau pakai motor listrik dan mobil listrik parkirnya lebih murah," katanya di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023).

Terkait ini Erick membeberkan alasannya. Menurutnya dengan percepatan kendaraan listrik, jumlah impor BBM bisa berkurang.

"Kalau mobil listrik bisa dipakai sampai 50% di Indonesia, artinya kita mengurangi impor BBM di Indonesia sejak 1993," jelasnya.

Erick pun menyebut industri mobil memang akan beralih ke mobil listrik. Menurutnya pemerintah perlu mengambil kebijakan menyeluruh.

Namun, untuk saat ini ia memastikan industri mobil konvensional belum tentu berhenti. Hanya saja persaingannya dengan mobil listrik akan ketat.

"Hari ini ada mobil listrik, ada motor listrik. Industri mobil berhenti? Belum tentu, akan bersaing di pasaran. Mungkin bensinnya ethanol, B35, itu yang Pertamina akan beradaptasi, kita pastikan," pungkasnya.

Lihat juga video 'Pemerintah Subsidi Kendaraan Listrik, Pengamat: Macet Bisa Makin Parah':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT