Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 26 Apr 2019 13:44 WIB

Ditarget Rampung Mei, Seksi II Tol Desari Baru Terbangun Sampai Krukut

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jakarta - Proses pembangunan proyek jalan Tol Depok-Antasari (Desari) telah memasuki fase kedua. Fase ke II sendiri akan menghubungkan daerah Brigif hingga Sawangan.

Dari Brigif hingga ke Sawangan sendiri akan dihubungkan dengan jalan tol sepanjang 6,3 km. Lalu, sudah sampai manakah pembangunan tol ini?

detikFinance mencoba menelusurinya, dari pantauan yang dilakukan pada Jumat (26/4/2019), konstruksi jalan tol baru sampai Krukut. Kurang lebih sekitar 2,5 km jalan tol sudah selesai dibangun.


Padahal, sebelumnya tol ini dijanjikan kelar pada April 2019. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk Tito Sulistio selaku pihak operator tol Desari ini.

"Tol Desari sampai Sawangan tahun depan April-Mei sudah selesai," katanya dalam wawancara eksklusif di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Kembali lagi ke pantauan di jalan tol, hingga kini para pekerja pun masih terlihat sibuk disana-sini. Meskipun, sudah ada 2,5 km yang tersambung jalan tol, pekerja masih merapikan sisi-sisi pinggiran jalan tol. Beberapa pekerja tampak sedang memasang pembatas jalan yang dilengkapi dengan light reflector.

Selain itu, beberapa pekerja lainnya pun ada yang melakukan pengerjaan penguatan talut alias lereng di pinggir jalan tol dengan memampatkan tanah. Hal tersebut dilakukan arena tol ini bentuknya dibuat lebih tinggi daripada daerah di sekitarnya.

Tol Desari sendiri, sebelumnya tercatat baru terbangun sampai daerah Brigif. Di daerah tersebut merupakan peralihan alias pintu masuk ke tol sesi I maupun sesi II. Para pekerja pun banyak yang melakukan pekerjaannya disana.

Untuk di daerah Brigif sendiri, para pekerja sedang menyelesaikan jalan pintu masuk menuju tol sesi II ke arah Sawangan. Selain itu di daerah Brigif sendiri jalan tol layang sesi I dari Antasari telah terhubung ke sesi II menuju Sawangan.

Pekerjaan kembali terlihat sibuk dan padat setelah detikFinance mencoba menelusuri terus jalan tol usai 2,5 km yang terhubung.


Di sisa kilometer sampai Sawangan, beberapa alat berat ada yang melakukan pengerukan tanah, ada juga yang menyusun dan memampatkan tanah. Selain itu beberapa tiang penyangga pun telah dan sedang dipasang di beberapa titik, untuk menyangga jalan tol.

Seperti diketahui, tol Desari terbagi menjadi 3 seksi. Seksi I yakni Antasari-Brigif sepanjang 5,8 km, Seksi II Brigif-Sawangan 6,3 km, dan Seksi III Sawangan-Bojonggede dengan panjang 9,5 km. Total panjang ialah 21,6 km.

Sedangkan jika ditambah sampai ke Salabenda maka total panjang Tol Desari mencapai 28 km. Lalu, nilai investasi naik dari sebelum Rp 4,8 triliun menjadi Rp 6,8 triliun.
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com