Dipakai Balapan November, Sirkuit Mandalika Sudah Rampung Belum?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 16:20 WIB
Indonesia akhirnya masuk dalam kalender balap sementara MotoGP 2022. Dalam kalender itu, Sirkuit Mandalika di NTB bakal jadi tuan rumah MotoGP pada awal musim.
Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta - Sirkuit Mandalika atau yang kini bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit bakal digunakan untuk balapan pada November 2021 mendatang. Maka itu, sirkuit perlu dipastikan rampung untuk menunjang gelaran tersebut.

Lalu, bagaimana kondisinya saat ini?

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, jalur utama untuk balapan kondisinya sudah rampung. Meski demikian, pihaknya masih mengejar pembangunan fasilitas pendukung.

"Yang pertama kami sudah selesai main track, jadi kalau diadakan balap sudah bisa. Itu kami serah terimakan tanggal 15 Agustus juga waktu itu 2021," katanya dalam acara Penandatangan PKS Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit, Kamis (7/10/2021).

Fasilitas pendukung itu seperti race control building di mana di sana terdapat monitoring system dan CCTV, paddock dan medical facility. Sementara, untuk halipad sudah selesai.

"Jadi sekarang kami konsentrasi untuk meyelesaikan fasilitas pendukung dan insyaAllah akhir Oktober akan selesai," katanya.

Sejumlah event pun siap digelar di sirkuit ini. Sebutnya, Idemitsu Asia Talent Cup pada 12-14 November 2021. Kemudian, World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.

Kemudian, tahun depan akan digunakan untuk tes pra musim MotoGP. Serta, untuk gelaran MotoGP jika Indonesia terpilih.

"Kemudian, tahun depan, insyaAllah hari ini jam 12 waktu Eropa akan diumumkan oleh Dorna. Kami belum berani umumkan bahwa tanggal definitif dari MotoGP di Mandalika. Nanti sore kita tunggu pengumuman itu akan diumumkan tanggal pastinya," terangnya.

"Dan tahun depan yang sudah pasti kita menjadi lokasi pre sesion test atau tes pra musim yang biasanya di Sepang. Tahun ini Indonesia masuk sebagai ajang uji coba sebelum seri MotoGP itu dimulai," tambahnya.

Simak juga video 'Sirkuit Mandalika Gelar WSBK, Berapa Penonton yang Boleh Datang?':

[Gambas:Video 20detik]




(acd/dna)