Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Okt 2017 13:39 WIB

Mau Diresmikan Jokowi, Ini Rute Tol Becakayu yang Siap Beroperasi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Seksi 1B dan 1C Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) segera dioperasikan pada November tahun ini. Seksi tersebut sepanjang 8,26 km dari total panjang 21,04 km tol Becakayu.

JIka tak ada halangan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan kedua seksi itu November tahun ini. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance, Selasa (24/10/2017), jalan tol yang beroperasi akan menghubungkan Cipinang Melayu di Jakarta Timur menuju Pangkalan Jati dan berakhir di Jakasampurna, Bekasi Barat.

Dari Jakarta, akses masuk dimulai dari ramp on Cipinang sedangkan pintu keluarnya akan keluar dari ramp off Cipinang di Bekasi.


Saat ini seksi 1A dari jalan DI Panjaitan ke Cipinang sepanjang 3,19 km ditarget rampung pada April 2018. Sedangkan secara keseluruhan, jalan tol ini ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2021.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menjelaskan, kehadiran tol Becakayu akan menambah kapasitas jalan serta menambah pilihan pengguna jalan dan membuat jarak tempuh perjalanan menjadi jauh lebih cepat.

Saat ini waktu tempuh bagi warga Kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, diharapkan menjadi lebih singkat menjadi sekitar satu jam setengah perjalanan. Hal ini dikarenakan Tol Becakayu terkoneksi dengan Tol Wiyoto Wiyono dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).


"Apabila telah rampung seluruhnya, pengguna jalan dari Bekasi menuju Jakarta Pusat atau ke Jakarta Utara tidak perlu lagi melewati tengah kota tetapi bisa memanfaatkan Tol Becakayu," jelasnya, di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Sebelum diresmikan, nantinya akan digelar festival jalan tol terlebih dahulu sebagai bagian dari sosialisasi penggunaan Tol Becakayu.


Meski baru sebagian yang diresmikan, namun kehadiran tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek yang kerap mengalami penumpukan volume kendaraan di Gerbang Tol Halim.

Kehadiran Tol Becakayu juga dipercaya meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Karawang, Cibitung dan Bandung sebagai akibat terpecahnya arus lalu lintas sehingga mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com