Follow detikFinance
Senin 13 Nov 2017, 10:39 WIB

Bakal Diresmikan Jokowi, Begini Progres Tol Soreang-Pasir Koja

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Bakal Diresmikan Jokowi, Begini Progres Tol Soreang-Pasir Koja Foto: Wisma Putra
Jakarta - Tol Soreang-Pasir Koja di Jawa Barat segera dioperasikan pada bulan ini. Ruas tol non trans Jawa yang mulai dibangun sejak September 2015 ini sudah selesai konstruksinya dan tengah dalam proses uji kelayakan operasi.

"Sekarang sudah mulai proses layak operasi sepanjang total 8,15 km termasuk akses. Rencana diresmikan harapannya November ini," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna saat dihubungi di Jakarta, Senin (13/11/2017).

Proses uji coba operasi dilaksanakan menyusul sejumlah pekerjaan yang sedang dilaksanakan pada akhir Oktober lalu telah berangsur rampung. Seperti pekerjaan timbunan, lean concrete, rigid pavement hingga pengerjaan gerbang tol diketahui sudah rampung.


Berdasarkan data BPJT yang diterima detikFinance, ada beberapa hambatan yang dihadapi dalam proses pekerjaan. Misalnya timbunan. Jalan dari quarry menuju lokasi proyek sempit sehingga tidak memungkinkan Dump Truck (DT) indek 24 melewati. Lalu, rata-rata quarry belum memiliki izin galian C sehingga sering timbul masalah.

Selain itu, pada pembebasan lahan, masih ada beberapa lokasi yang tidak bisa dibebaskan karena pembebasan lahan oleh PPK Lahan tidak mencukupi aturan design jalan tol (lokasi Citeureup dan Tegal Caang). Sedangkan pada proses konstruksinya, tol ini juga terkendala oleh cuaca karena hampir setiap hari turun hujan.


Sebelumnya, Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar, Bagus Medi Suarso mengatakan, secara konstruksi pengerjaan tol Soroja sudah beres. Rencananya tol yang menelan biaya investasi sekitar Rp 1,5 triliun ini bakal diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo akhir bulan ini.

"Presiden kemungkinan akan datang meresmikan langsung di akhir bulan ini. Kami sedang berkoordinasi dengan menteri dan protokoler Presiden. Kemungkinan datang lah, kan masuk ke dalam proyek strategis nasional," ucapnya. (eds/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed