Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Des 2017 20:37 WIB

Menhub Cek Lokasi Groundbreaking Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikFinance
Foto: Bisma/detikcom Foto: Bisma/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan lokasi groundbreaking jalur rel ganda Sukabumi - Bogor yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Kampung/Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat (15/12/2017) besok.

Didampingi Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi dan sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Karya turun menyusuri rel. Dia ingin memastikan langsung kesiapan lokasi acara.

"Ini janji presiden untuk membuat konektivitas Bogor - Sukabumi lebih baik. Selain jalan tol yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan oleh PUPR, kami dari Kemenhub konsentrasi kepada pembuatan rel ganda karena kondisi rel saat ini dinilai kurang produktif," kata Budi, kepada sejumlah media di lokasi, Kamis (14/12/2017).

Budi menilai kondisi rel tidak produktif karena beberapa alasan, antara lain waktu tempuh untuk jarak 56 Kilometer memakan waktu 2,5 jam, rangkaian gerbong yang hanya sebanyak 6 gerbong, kemudian waktu keberangkatan yang hanya 3 kali sehari. Terakhir Budi juga menyoroti jalur lintasan rel yang menanjak dan berliku mengakibatkan waktu perjalanan lambat.

"Pemerintah ingin membangun satu program yang namanya rel ganda supaya lintasannya lebih baik, selain itu membuat tanjakan dan tikungan curam menjadi lebih landai. Seperti contoh di sini akan diturunkan 10 meter," lanjut Budi seraya memperlihatkan kondisi jalur rel di sekitar lokasi.

Budi juga menjelaskan untuk pembangunan rel ganda sendiri akan memakan waktu selama 3 tahun dengan tahap awal anggaran sebesar kurang lebih Rp 350 Milyar. "Untuk warga yang sekarang tinggal di dekat rel KA kita minta kesediaan mereka untuk pindah, dapat ongkos. Ada juga beberapa tanah milik masyarakat ya kita ganti," pungkasnya.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed